PENGGANTI SUSU BAYI KELINCI

 

Kondisi ini akan terasa tatkala ada kelinci  kita yang beranak tetapi induknya tidak mau menyusui bayinya bisa karena kondisi stress, baru belajar beranak atau air susu induk tidak keluar, bisa juga karena induknya mati.
Banyak dilakukan uji coba dengan mencoba susu formula bayi low lactosa tetapi bayi kelinci hanya bisa bertahan dalam beberapa hari saja bahkan ada yang menderita diare.
Berikut susu pengganti yang dapat dibuat sendiri

Bahan:
–          Susu Kambing ( Kambing etawa kalau ada lebih bagus, sekarang banyak dijual dalam bentuk bubuk)
–          Susu formula Bayi (Low Lactosa, biasa utk 0 – 6 bulan )
–          Whipped cream (optional)

Campurkan susu bayi dan susu kambing dengan perbandingan 1:1, bisa juga ditambahkan whipped cream (jika ada). Sebelum dicampurkan susu bayi, susu kambing dimasak terlebih dajulu hingga mendidih lalu dinginkan Kemudian campurkan susu bayi lalu aduk hingga rata.
Sediaan susu sudah siap digunakan dan masukkan dalam botol kedap udara untuk memudahkan penggunaan berikutnya, simpan dalam lemari pendingin.

Cara pemakaian : Campuran susu bisa kita ambil menggunakan alat bantu spuit/syringe . Pegang bayi kelinci  (usahakan kepala lebih tinggi) lalu susui hingga perutnya terlihat penuh. Kadang-kadang, bayi kelinci  minum dengan cepat sehingga tersedak. Jika itu terjadi,pegang bayi lalu tepuk-tepuk punggungnya dengan jari tengah anda secara perlahan. Berikan waktu hingga ia bernafas normal kembali.

 

Susu kelinci memiliki kandungan yang sangat kaya akan nutrisi, sehingga tidak mungkin tergantikan dengan susu lain. Hindari mengganti susu kelinci dengan susu untuk hewan lain seperti susu khusus anjing.

 

Melalui berbagai macam percobaan, diketahui bahwa campuran susu kambing dan susu formula low lactosa inilah yang terbaik untuk bayi kelinci sebagai pengganti susu kelinci dalam keadaan darurat. Kadang ada anak kelinci yang alergi terhadap salah satu bahan (biasanya alergi dari susu formula bayi), sehingga mengakibatkan bulu rontok. Jangan khawatir karena bulu tersebut akan tumbuh kembali. Yang perlu kita lakukan adalah membuat mereka hangat.
Anda harus tetap memberikan mereka rumput kering atau jerami setiap hari untuk membantu menghangatkan tubuh mereka dan sebagai makanan mereka tatkala mereka cukup umur untuk memakannya.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Try To Look At the Bright Side Teposeliro sifate satrio, Nelongso sing dhadhi gegondelaning roso, Prihatin dhalaning mukti utomo

%d bloggers like this: