Makanan kaya protein

makanan kaya protein
Protein merupakan salah satu komponen gizi yang diperlukan oleh tubuh agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Kurangnya asupan protein akan berakibat buruk pada kesehatan Anda. Oleh sebab itu, pastikan dalam menu harian Anda terdapat makanan kaya protein yang dibutuhkan tubuh Anda. Sudahkah Anda memahami makanan apa saja yang menyimpan protein dalam kadar yang tinggi? Selama ini orang berpikir bahwa sumber protein terbaik adalah daging berwarna merah. Hal tersebut tak sepenuhnya salah tapi juga tidak mutlak benar. Sebab, faktanya ada banyak makanan kaya protein yang mudah Anda jumpai selain daging merah tadi. Apa saja? Silahkan simak uraian kami berikut ini.

  1. Daging merah. Di urutan pertama, kami tetap harus mengakui bahwa makanan yang memiliki kandungan protein terbaik adalah daging merah. Mengapa? Sebab ia mengandung sejumlah senyawa penting lainnya seperti vitamin B12, zat besi heme, asam amino lengkap dan masih banyak lagi lainnya. Seperti lama telah diketahui bahwa kinerja protein juga disokong senyawa lainnya. Dengan kompleksnya senyawa yang ada di dalam daging merah, menjadikan ia sebagai makanan kaya protein yang baik.
  2. Daging putih. Daging ayam merupakan salah satu daging yang masuk ke dalam kategori ini. Sebagai makanan kaya protein, ayam juga direkomendasikan untuk dikonsumsi. Namun dalam kondisi khusus, kita tetap harus mengontrol jumlahnya sebab ayam juga mengandung banyak lemak dan juga koletsreol uatamanya pada bagian kulit dan paha. Maka itu, sebaiknya pilihlah bagian dada ayam saja.
  3. Daging ikan. Siapa yang tak mengenal sea food populer yang satu ini? Rasanya memang nikmat jika diolah, selain itu ia mengandung banyak senyawa penting. Salah satunya adalah protein. Daging ikan juga mengandung lemak seperti daging merah dan putih, tapi jangan cemas sebab lemaknya adalah omega-3 yang justru baik jika dikonsumsi.
  4. Telur. hampir semua orang menggemari makanan yang satu ini. Ia bahkan menjadi menu wajib bagi mereka yang sedang ingin membentuk dan menambah massa otot. Telur memang dikenal kaya akan senyawa protein. Adapun jenis protein yang terkandung di dalamnya adalah kasein sebanyak 80% dan protein whey sebanyak 20%.
  5. Susu dan semua produk olahannya seperti keju dan yoghurt juga merupakan makanan kaya protein. Karena itu, wajar jika dokter menganjurkan untuk mengkonsumsi susu dari mulai kita balita hingga tua.
  6. Kacang-kacangan, biji-bijian dan juga polong-polongan diketahui sebagai makanan kaya protein lainnya. Bagi mereka yang vegetarian, tak perlu cemas sebab protein juga dijumpai melimpah pada kacang kedelai, kacang polong, kacang hijau, kacang tanah, gandum dan masih banyak lagi lainnya.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Try To Look At the Bright Side Teposeliro sifate satrio, Nelongso sing dhadhi gegondelaning roso, Prihatin dhalaning mukti utomo

%d bloggers like this: