Si nikmat yang sehat – daging bebek

manfaat daging bebek
Roast Peking Duck
Bebek merupakan kerabat ayam dan juga burung. Hewan unggas ini secara lebih detil lagi memiliki kekerabatan dengan angsa dan juga angsa leher pendek. Meski dekat secara genetika, bebek memiliki bentuk tubuh yang lebih mungil ketimbang angsa. Di Indonesia, bebek diternakkan secara besar-besaran maupun skala kecil. Binatang yang suka berkerumun ini memang memiliki kualitas telur yang bagus. Selain itu, dagingnya juga sangat nikmat jika diolah bersama bumbu pilihan. Daging bebek sangat lembut dan mengandung banyak lemak. Hal ini membuat beberapa orang menghindarinya sebab dipercaya bisa memicu kolesterol dalam darah meningkat dan menyebabkan beberapa penyakit kronis. Padahal, pada kenyataannya manfaat daging bebek cukup kompleks. Tak percaya?

Kandungan Nilai Gizi Bebek

Sebelum membedah manfaat daging bebek, ada baiknya kita mengurai  senyawa apa saja yang tersembunyi di balik kenikmatan daging bebek. Secara umum, daging bebek mengandung kalori , protein, lemak, zat besi dan juga vitamin khususnya B. Namun jika diurai secara detil, senyawa penyusunnya tersebut antara lain 23,5 gram protein dari jumlah berat total 100 gram. Jumlah protein ini jauh lebih tinggi ketimbang jumlah protein pada daging ayam. Sementara itu, lemak jenuh dalam daging bebek sebanyak 35,7%,  lemak tak jenus mencapai 50,5% dan lemak tunggal asam linoleat sebanyak 13,7%. Komposisi lemak ini bisa menjadi sumber lemak sehat sehari-hari Anda.

 

Komponen penyusun daging bebek lainnya adalah Vitamin. Adapun uraian vitamin tersebut antara lain riboflavin, niacin, tiamin, vitamin B6, dan vitamin B12. Sementara itu, kandungan mineral makro maupun mikro dari daging bebek adalah selenium, fosfor, zinc, zat besi atau Fe, tembaga, sodium dan masih banyak lagi lainnya. Secara umum nilai gizi dalam daging bebek sangat baik untuk tubuh manusia dengan catatan diolah dengan cara yang benar dan dicampur dengan bahan yang sehat.

Si Nikmat Yang Sehat

Delicious Peking Duck

 

Mencermati kandungan daging bebek yang kompleks, sangat wajar jika kemudian manfaatnya menjadi beragam. Konsumsi daging bebek sangat baik. Terlebih jika proporsinya benar. Adapun manfaat daging bebek antara lain:
  • Menjaga kerja otot juga tingkatan tekanan darah sebab ia mengandung sodium yang baik.
  • Menjaga kesehatan fisik juga mental Anda. Hal ini terkait dengan kandungan tembaganya.
  • Mencegah anemia. Khasiat ini terkait dengan kandungan zat besinya yang tinggi. Zat besi sangat penting dalam pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Ditambah lagi dengan kandungan vitamin B12 yang juga bekerja baik melawan anemia.
  • Mengobati suara yang serak dan juga ampuh menghilangkan gas di dalam perut.
  • Menambah berat badan secara sehat juga memperkuat badan.
  • Lemak pada bebek sangat baik untuk mempercantik kulit tubuh dan wajah Anda.
  • Menambah vitalitas pada pria.
  • Merangsang dan memperbaiki sistem imun tubuh. Hal ini terkait dengan kandungan zinc-nya.
  • Membantu sistem metabolisme sebab kandunag fosfornya proporsional. Sementara itu kandungan B6-nya juga membantu proses metabolisme asam amino juga asam lemak.
  • Sebagai anti-oksidan sebab mengandung selenium. Dll
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Allah SWT akan menolong seorang hamba selama ia mau menolong sesama. Try To Look At the Bright Side. Teposeliro sifate satrio, Nelongso sing dhadhi gegondelaning roso, Prihatin dhalaning mukti utomo

%d bloggers like this: