Makna Tanduk Kerbau di Depan Rumah Adat Tongkonan

tanduk-kerbau-toraja

BERKUNJUNG ke Toraja, Anda pasti akan disuguhkan pemandangan indah rumah adatnya. Setelah diperhatikan dengan saksama, di bagian depan rumah ada tanduk kerbau berjajar. Apa artinya?

Ada ciri lain yang menonjol, yaitu kepala kerbau menempel di depan rumah dan tanduk-tanduk kerbau pada tiang utama di depan setiap rumah orang Toraja. Jumlah tanduk kepala kerbau tersebut berbaris dari atas ke bawah dan menunjukkan tingginya derajat keluarga yang mendiami rumah tersebut.

Di sisi kiri rumah yang menghadap ke arah barat, dipasang rahang kerbau yang pernah disembelih. Di sisi kanan yang menghadap ke arah timur dipasang rahang babi.

intip-tarian-kematian-di-toraja-yang-bisa-jadi-daya-tarik-wisata-zBihJjWkOA

Ornamen tanduk kerbau di depan tongkonan melambangkan kemampuan ekonomi sang pemilik rumah saat upacara penguburan anggota keluarganya. Setiap upacara adat di Toraja, seperti pemakaman akan mengorbankan kerbau dalam jumlah yang banyak.

 

Tanduk kerbau kemudian dipasang pada tongkonan milik keluarga bersangkutan. Semakin banyak tanduk yang terpasang di depan tongkonan, semakin tinggi pula status sosial keluarga pemilik rumah tongkonan tersebut.

Semakin_banyaknya_tanduk_kerbau_yang_dipajang_di_halaman_depan_tongkonan,_si_pemiliki_tongkonan_akan_semakin_dihormati_(2)

Umumnya, tanduk kerbau yang ada pada tongkonan ini akan bertahan lama hingga ratusan tahun lamanya. Dan selalu menjadi daya tarik wisatawan yang datang karena bentuknya yang dijajarkan ke atas.

Tongkonan

Sumber : TTY https://lifestyle.okezone.com