cara menggunakan mendeley untuk keperluan pendidikan

mendeley_sumberMendeley adalah software referensi manager yang memudahkan Anda dalam penulisan karya ilmiah seperti skripsi atau lainnya. Dalam penggunaannya mendeley akan secara otomatis membuat referesi dan daftar pustaka dari suatu karya ilmiah yang sedang dikerjakan.

Mendeley akan bekerja secara otomatis membuat kutipan referensi / daftar pustaka apabila Anda sudah membuat library atau perpustakaan di mendeley. Perpustakaan di mendeley inilah yang akan membantu Anda membuat catatan kaki / bodynote secara otomatis.

Langsung saja kita coba tutorial mendeley. Untuk saat pertama menginstal mendeley Anda memerlukan aktifasi mendeley melalu link yang dikirim ke email Anda.

Langkah 1 registrasi dan download software

Visit address: http://www.mendeley.com/

Silahkan Anda isi form registrasi (create free account) dan selanjutnya download software mendeley.

mendeley_iaincirebon1

Klik Get Started, dan form selanjutnya Anda isi sesuai pekerjaan atau aktifitas Anda.

mendeley_iaincirebon2

Setelah Anda klik Finish, maka software mendeley link download akan muncul otomatis. Setelah terdownload Anda bisa menginstalnya dilaptop atau computer dan jangan lupa Anda harus mengkonfirmasi pendaftaran melalui email yang dikirim mendeley ke email Anda. Sekarang buka email dan klik verify email address.

mendeley_iaincirebon3

Tahap pendaftaran mendeley sudah selesai. Selanjutnya untuk menggunakan mendeley Anda tidak perlu terkoneksi internet alias hanya pada sesi pendaftaran saja.

Tahap ke 2 konfigurasi mendeley dan Microsoft Word

Buka software mendeley Anda bisa dari desktop atau menu program.

mendeley_iaincirebon4

Selanjutnya Anda klik menu Tools (atas sebelah kiri) , pilih install MS Word Plugin. Sekarang Anda cek apakah plugin mendeley sudah terinstal di Microsoft word dengan cara buka microsoft word dan pilih menu references.

mendeley_iaincirebon5

Tahap ke 3 bekerja dengan software mendeley

Sebelum Anda bekerja dengan mendeley alangkah baiknya buat terlebih dahulu folder library di mendeley agar memisahkan referensi pekerjaan anda dengan yang lainnya.

mendeley_iaincirebon6

Setelah folder Anda dibuat selanjutnya adalah menambahkan file referensi ke dalam folder tersebut. File referensi bisa berbentuk file ebook, journal, skripsi. Klik Add Files (pojok kiri atas) lalu pilih file yang akan dimasukan kedalam folder library.

mendeley_iaincirebon7

Setelah file sudah terinput kedalam folder, klik 2x file tersebut dan kita akan setting nama pengarang, judul. Tahun, kota dan penerbit.

Silahkan lakukan proses ini untuk beberapa file lainnya yang Anda masukkan ke dalam folder library.

Title: isi dengan nama judul ebook/skripsi/jurnal

Authors: isi nama pengarang

Jurnal: isi dengan kota dan penerbit

Year: isi dengan tahun terbitan

Selanjutnya Anda akan mengutip paragraph yang ada di file yang sudah dimasukkan kedalam folder tadi. Buka Microsoft word lalu paste-kan paragraph yang sudah Anda copy sebelumnya lewat mendeley. Setelah di paste pada Microsoft word pilh menu references pilih insert citation (yang ada gambar plus) lalu ketik nama pengarang ebook/skripsi yang anda kutip maka mendeley akan mencari oomatis, klik ok.

Sekarang Anda sudah dapat membuat bodynote secara otomatis dengan mendeley. Mendeley juga dapat membuatkan Anda daftar pustaka otomatis dari beberapa referensi yang sudah dikutip.

Ada beberapa kasus yang terjadi mungkin Anda pernah mengalami. Didalam karya ilmiah sebenarnya Anda mengutip dari buku/journal tapi lupa tidak dicantumkan dalam daftar pustaka atau sebaliknya Anda tidak sama sekali mengutip tetapi Anda mencantumkannya di daftar pustaka. Dengan adanya mendeley maka kesalahan di atas dapat Anda minimalisir.

Semoga bermanfaat.

Tutorial By Onwardono Rit Riyanto, S.Pd.I

Allah SWT akan menolong seorang hamba selama ia mau menolong sesama. Try To Look At the Bright Side. Teposeliro sifate satrio, Nelongso sing dhadhi gegondelaning roso, Prihatin dhalaning mukti utomo

%d bloggers like this: