Batu Akik Topas dan Khasiatnya

_MG_4760 as01b

Batu akik topaz memiliki tingkat kekerasan sekitar 7 hingga 8 skala mohs. Dengan tingkat ini tergolong cukup untuk mendukung struktur fraktalnya untuk memancarkan kembali sinar yang diserap, sehingga kemilau cahaya khas pada batu permata bisa terlihat pada batu topaz yang indah ini. Kualitas dari batu akik topaz ditentukan oleh beberapa faktor berikut ini, yaitu antara lain adalah warna, warna yang semakin pekat pada batu topaz maka semakin indah untuk dilihat. Lalu, selanjutnya adalah cahaya, semakin berkilau dengan atraktif maka semakin bagus kualitasnya. Lalu kebeningan dan kebersihan juga menjadi faktor yang perlu diperhitungkan. Semakin bening dan jernih, tentunya semakin bagus. Faktor lainnya adalah potongan dan juga struktur fraktal. Potongan yang rapi dan juga struktur fraktal yang kecil dan juga rapi menentukan keindahan batu topaz ini. Ada beberapa jenis batu akik topaz yang diketahui, diantaranya adalah beberapa jenis batu akik topaz seperti yang ada di bawah ini:

White topaz atau topaz bening
Sesuai dengan namanya, batu akik topaz ini memang berwarna putih atau bening. Nama lain dari batu akik topaz bening ini adalah topaz unheated dan juga topaz untreated. Karena, pada dasarnya batu akik topaz yang diambil dari perut bumi ini memang berwarna bening. Kualitas ditentukan dari kebeningan dan juga struktur fraktalnya batu white topaz atau topaz bening ini. Batu akik topaz bening ini sangat cocok untuk dijadikan cincin.

Sky blue topaz atau topaz biru langit
Berbeda dengan jenis batu akik topaz yang sebelumnya, batu akik sky blue topaz ini memiliki warna biru muda yang terang. Harga dari batu sky blue topaz atau batu akik topaz biru langit inipun tak semahal batu akik white topaz, sehingga anda bisa menjadikan sky blue topaz ini sebagai persedian perhiasan anda. Meskipun begitu, keindahannya tak kalah dari batu akik topaz bening atau white topaz

Swiss blue topaz
Dari warnanya, batu swiss blue topaz ini lebih pekat warna birunya daripada sky blue topaz. Selain itu, batu ini juga memiliki kerlipan cahaya dan kebeningan serta kejernihan yang lebih indah dari batu akik sky blue topaz. Banyak sekali kalangan ibu ibu pejabat dan juga kalangan artis yang mengenakan batu swiss blue topaz ini sebagai perhiasan mereka karena keindahan warna birunya yang sangat menawan.

London blue topaz
Batu yang satu ini, yang bernama London blue topaz ini memiliki warna biru tua yang pekat, sehingga cocok untuk dipadukan dengan cincin perak. Keindahan dari batu London blue topaz ini memang sangat elegan dan juga mengagumkan. Selain cocok untuk dijadikan mata cincin, juga sangat cocok untuk dijadikan liontin untuk kalung. Warna biru pekat yang dimiliki oleh batu London blue topaz ini memang sangat elegan.

Smookey topaz
Ternyata, selain dari jenis warna biru biruan, ada juga batu akik topaz yang berwarna selain bening dan biru, yaitu warna cokelat asap sehingga disebut dengan sebutan batu smookey topaz. Namun, keindahan yang dimiliki oleh batu smookey topaz ini tentunya tidak kalah dari warna warna batu akik topaz yang lainnya seperti white topaz, sky blue topaz, swiss blue topaz dan juga london blue topaz.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Allah SWT akan menolong seorang hamba selama ia mau menolong sesama. Try To Look At the Bright Side. Teposeliro sifate satrio, Nelongso sing dhadhi gegondelaning roso, Prihatin dhalaning mukti utomo

%d bloggers like this: