NIKMATNYA DAGING OLAHAN KELINCI

olahan daging kelinci
Kelinci sebagai hewan peliharaan memang populer. Binatang berbulu ini cukup jinak dan tampilannya juga menggemaskan. Tapi tahukah Anda, bahwa sebenarnya kelinci tak hanya dipelihara sebagai binatang hias tetapi juga sebagai hewan ternak untuk tujuan pedaging? Tidak banyak yang tahu bahwa daging kelinci memiliki rasa yang nikmat. Dan berdasarkan catatan medis, kandungan daging kelinci ternyata jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan jenis daging merah. Bahkan konsumsi daging kelinci kabarnya bisa menanggulangi beberapa panyakit seperti misalnya asma. Selain itu, kelinci juga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan pun lansia yang dalam masa pemeliharaan kesehatan. Pernah mencoba daging kelinci? Jika diolah dengan benar, rasa daging kelinci tak kalah dari daging lainnya. Berikut resep olahan daging kelinci yang bisa Anda coba di rumah masing-masing.

Resep Bistik Kelinci

Olahan kelinci yang pertama adalah bistik. Adapun bahan yang diperlukan antara lain:
  1. Daging kelinci muda sebanyak ½ kilogram
  2. Mentega sebanyak 2 sendok makan
  3. Bawang merah sebanyak 4 biji
  4. Bawang Putih sebanyak 3 siung
  5. Merica sebanyak 1 sendok teh
  6. Garam sebanyak 1 sendok teh.
  7. Bubuk pala ½ sendok teh.
  8. Garam dan penyedap secukupnya
Cara membuat bistik daging kelinci ini cukup mudah. Pertama daging kelinci yang telah dibersihkan dikoyak dengan garpu agar teksturnya lembut dan membuat bumbu mudah meresap ked aging. Setelah itu masukkan merica, bubuk pala dan juga garam.  Diamkan kira-kira 30 menit lamanya. Setelah itu goreng daging kelinci hingga berwarna sawo matang. Selanjutnya, tambahkan air secukupnya. Masukkan bawang merah dan bawang putih yang sebelumnya telah digoreng. Selanjutnya masak hingga air menyerap masuk ke dalam daging. Tambahkan penyedap sesuai selera. Setelah agak kering, angkat daging dan sajikan.

Resep Sambal Goreng Kelinci

Olahan daging kelinci selanjutnya adalah sambal goreng. Adapun bahan yang dibutuhkan antara lain:
  1. Daging kelinci sebanyak ½ kilogram.
  2. Bawang merah dan juga bwang putih masing-masing 4 biji.
  3. Terasi secukupnya.
  4. Kelapa sebanyak ½ butir.
  5. Cabe merah sebanyak 10 biji. Buang bagian bijinya.
  6. Bumbu seperti laos, daun salam, asam, garam juga gula. Bisa tambahkan penyedap jika diinginkan.
Setelah semua bahan lengkap, proses memasak dimulai dengan memotong daging kelinci dalam ukuran kecil. Setelah itu haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah dan juga terasi.  Setalah halus kemudian ditumis sampai wangi. Selanjutnya masukkan santan kurang lebih ½ gelas, potongan daging kelinci, asam, gula, daun salam dan juga laos ke dalam tumisan. Selanjutnya dimasak hingga mendidih dan daging telah empuk.

 

Masih ada beragam olahan daging kelinci lain yang bisa Anda coba misalnya sate kelinci, opor kelinci, steak kelinci dan masih banyak lagi lainnya. Prinsipnya, daging kelinci bisa diolah dalam bentuk apapun seperti daging jenis lainnya. Untuk kualitas daging kelinci yang lebih nikmat, pastikan Anda menggunakan daging kelinci dengan usia di bawah 2 bulan. Sebab di atas 2 bulan, daging kelinci sudah mulai tua dan butuh extra proses untuk membuatnya empuk dan nikmat.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Try To Look At the Bright Side Teposeliro sifate satrio, Nelongso sing dhadhi gegondelaning roso, Prihatin dhalaning mukti utomo

%d bloggers like this: