Ciri-ciri Asam nukleat

Asam nukleat, dinamakan demikian karena ditemukan dalam inti sel, adalah menangkap semua istilah untuk DNA dan semua jenis RNA dan merupakan sarana yang merupakan penyimpanan, menerjemahkan dan menyampaikan informasi genetik organisme.

Asam nukleat terbuat dari rantai nukleotida, yang terdiri dari gula lima karbon, basa dan gugus fosfat.

Jenis

Ada dua jenis utama asam nukleat: asam deoksiribonukleat dua untai, juga dikenal sebagai DNA, dan asam ribonukleat untai tunggal, juga dikenal sebagai RNA. DNA adalah molekul genetik penyimpanan utama hewan, tumbuhan, jamur dan organisme lain yang lebih tinggi dikenal sebagai eukariota.

RNA merupakan molekul penyimpan genetik utama dalam bakteri dan virus, juga disebut prokariota. Eukariota juga menggunakan untai tunggal RNA, disalin dari satu setengah dari molekul DNA, sebagai sarana decoding informasi yang terkandung dalam asam nukleat.

Nukleotida

Nukleotida, sub-unit yang terdiri dari asam nukleat, terdiri dari gula lima karbon yang melekat pada fosfat serta basa nitrogen yang mengandung. Bagian gula RNA adalah ribosa dan DNA adalah deoksiribosa. Perbedaan ini menimbulkan ‘R’ pada RNA dan ‘D’ dalam DNA.

Basa nukleotida

Basa nitrogen nukleotida adalah salah satu dari lima jenis: adenin, guanin, sitosin, timin atau urasil. Timin hanya ada pada DNA dan digantikan oleh urasil pada RNA. Basa ini kadang-kadang disingkat sebagai A, G, C, T dan U. Urutan basa ini ditemukan pada asam nukleat mengkodekan informasi yang terkandung dalam genom.

Pasangan Basa komplementer

Dalam DNA, basa nukleotida bergabung dalam cara yang sangat spesifik pada dua helai. Guanin pada satu untai selalu dipasangkan, melalui ikatan hidrogen, untuk sitosin pada untai berlawanan. Adenin selalu bergabung dengan timin dalam molekul DNA dan urasil pada RNA; ketika RNA disalin, untuk sementara menjadi molekul dua untai.

Decoding

Untuk memecahkan kode informasi yang terkandung dalam asam nukleat, mereka harus dalam bentuk untai tunggal. DNA harus “membuka ritsleting” oleh enzim, dengan memecah ikatan hidrogen antara pasangan basa komplementer. Bagian dari DNA, yang dikenal sebagai gen, yang dinyatakan ditranskripsi oleh pembentukan potongan pendek RNA di mana semua basa melengkapi DNA asli.

penyusun-dna-rna

Setiap unit tiga basa, yang dikenal sebagai kodon, kode untuk asam amino tertentu. Selama translasi dari potongan baru RNA, asam amino, bahan bangunan protein, dirakit, di urutan, dikodekan dalam kodon dari RNA.

Advertisements

Try To Look At the Bright Side Teposeliro sifate satrio, Nelongso sing dhadhi gegondelaning roso, Prihatin dhalaning mukti utomo

%d bloggers like this: