Regulasi Sel

Regulasi Sel adalah istilah yang luas digunakan untuk menggambarkan banyak proses yang terjadi dalam sel yang ditujukan untuk mempertahankan homeostasis.

Homeostasis adalah suatu kondisi yang seimbang di mana sel menghindari kondisi ekstrem yang berbahaya dari bentuk apapun melalui berbagai proses regulasi aktif atau pasif.

Proses Regulasi semuanya dalam keadaan sedang dari tingkat pertumbuhan dan tingkat replikasi sel ke tingkat garam dan keasaman lingkungan selular. Jika pertumbuhan sel dan replikasi tidak dikelola, sel dapat mereplikasi pada tingkat tak terkendali tinggi; kondisi ini disebut kanker.

Banyak regulasi sel terjadi pada tingkat genetik. Banyak gen yang berbeda disajikan atau ditekan dalam menanggapi pemicu lingkungan untuk mempertahankan homeostasis sel. Berbagai protein dapat mengikat segmen tertentu RNA atau DNA, yang berisi informasi genetik yang digunakan dalam ekspresi gen , dalam rangka untuk menekan, mendorong, atau meningkatkan ekspresi gen tertentu.

Gen diekspresikan melalui produksi protein. E. Coli, misalnya, mengungkapkan satu set gen yang berbeda dengan memproduksi satu set protein abnormal bila terkena tingkat panas tinggi; protein ini lebih baik memungkinkan untuk mempertahankan beberapa bentuk homeostasis dalam kasus “heat shock.”

Sinyal seluler adalah aspek yang sangat penting dari studi regulasi sel karena sebagian besar proses regulasi dalam sel adalah respon terhadap beberapa bentuk sinyal. Perubahan dalam lingkungan sel dapat menyebabkan sinyal protein atau bahan kimia untuk mengikat reseptor sinyal untuk menunjukkan kebutuhan untuk beberapa bentuk respon regulasi. Sel bahkan berkomunikasi dengan sel lain untuk mempersiapkan mereka untuk perubahan dalam lingkungan seluler. Komunikasi yang menghasilkan regulasi sel dapat terjadi dalam sel, antara sel-sel yang berdekatan atau menyentuh, atau bahkan antara sel-sel yang jauh. sel endokrin , misalnya, sel-sel khusus yang mengirimkan sinyal kimia ke berbagai bagian tubuh untuk berkomunikasi kebutuhan berbagai tindakan regulasi sel.

Pengertian Regulasi Sel

Banyak penyakit yang berbeda dan gangguan disebabkan oleh gangguan proses regulasi sel. Kanker terjadi ketika pertumbuhan sel dan replikasi tidak diatur dengan benar. Sel-sel normal mengalami apoptosis, atau sel mati terprogram ; sel-sel kanker tidak, sehingga mereka dapat meniru dan tumbuh tanpa batas. Gangguan autoimun juga akibat dari regulasi sel dan sinyal yang gagal. Gangguan tersebut terjadi ketika sistem kekebalan tubuh gagal untuk mengenali sel sebagai “diri sendiri” dan meluncurkan serangan kekebalan yang bukan pada sel berbahaya atau sel normal.