Jenis RNA Manusia dan Fungsinya

Keduanya DNA dan RNA terdapat di semua sel hidup, tapi tidak seperti DNA, RNA datang dalam berbagai bentuk dan jenis. Baca artikel ini untuk mengetahui apa itu RNA dan apa saja jenis utama dan fungsi pada manusia.

DNA, RNA, dan protein, adalah tiga makromolekul utama, sangat penting untuk fungsi penting pada semua bentuk sel-sel yang dikenal organisme hidup. DNA, asam deoksiribonukleat, memainkan peran penting dalam sintesis RNA, asam ribonukleat.

DNA hadir di dalam sel bertindak sebagai cetak biru genetik, sedangkan RNA bertindak sebagai pembawa pesan dan membantu sel-sel untuk memahami pesan yang disimpan dalam DNA. Sel tidak dapat melakukan fungsi mereka tanpa bantuan RNA. Berbagai jenis mikroba dan sel-sel dapat memiliki bentuk yang berbeda dari molekul RNA.

Seperti yang Anda tahu, protein sangat penting untuk hampir semua aktivitas biologis yang terjadi dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, berfungsinya sel dan tubuh tergantung pada sintesis protein yang tepat. Dengan sintesis protein adalah salah satu fungsi utama dari RNA, sangat penting bagi kehidupan. Struktur dan penggunaan protein bervariasi sesuai dengan urutan linear asam amino yang ada di dalamnya. DNA berisi informasi yang dikodekan (seperti rencana bangunan atau blue print) tentang cara merakit asam amino dalam urutan yang benar untuk menghasilkan protein yang dapat digunakan. Seperti seorang arsitek, RNA menyampaikan informasi, dan membantu melaksanakan rencana tersebut.

Apa itu RNA?

Asam ribonukleat (RNA), keluarga molekul polimer biologis yang besar, biasanya terdapat sebagai rantai untai tunggal nukleotida. Meskipun a ada beberapa jenis molekul RNA, struktur dasar dari semua RNA adalah mirip. Sebuah nukleotida mengandung basa nitrogen, gula lima karbon (ribosa), dan setidaknya satu gugus fosfat. Nukleotida sering disebut sebagai bahan penyusun asam nukleat. Mereka membawa energi (ATP) hadir dalam sel dan memainkan peran penting dalam proses metabolisme, sel sinyal, dan reaksi enzimatik.

RNA hanya mengandung empat basa nitrogen, adenin, sitosin, guanin, dan urasil. Saat RNA mencapai kematangan, basa dan gula yang menempel bisa diubah dalam beberapa cara. Tulang punggung helai RNA terdiri dari gugus fosfat dan ribosa, dengan terpasang empat basa. Untai RNA dilipat dan kompres untuk masuk ke dalam ruang kecil yang tersedia dalam sel.

Fungsi utama RNA adalah untuk membawa instruksi dari DNA dan mengatur sintesis protein. Dalam beberapa virus, bukan DNA, RNA membawa informasi genetik. Molekul RNA diproduksi di dalam inti sel manusia dari DNA dengan proses yang disebut transkripsi, tetapi mereka ditemukan dalam sitoplasma juga. DNA hadir hanya dalam inti sel.

Tiga Jenis utama RNA

RNA ribosom (rRNA), transfer RNA (tRNA), dan messenger RNA (mRNA) adalah jenis utama dari RNA. Meskipun mereka memainkan peran penting dalam sintesis protein, mereka memiliki fungsi yang sedikit berbeda.

Ribosom RNA dan Fungsinya

Dalam sitoplasma, ribosom RNA atau bentuk rRNA ribosom, yang berfungsi sebagai situs utama untuk membangun protein. Mereka membawa enzim yang diperlukan untuk sintesis protein. Mereka adalah organ sel yang bekerja sebagai mesin molekuler yang kompleks dan disebut sebagai pabrik protein. Mereka berisi tempat pengikatan mRNA dan dua situs yang mengikat bagi tRNA. rRNA adalah bentuk paling berlimpah RNA. Nukleotida pada rRNA hadir dalam bentuk bulat. Sekitar 80% dari seluruh RNA yang terdapat dalam sel eukariotik adalah rRNA.

struktur-r-rna

rRNA terdapat pada ribosom di mana protein dibuat. Ribosom bergerak sepanjang mRNA dan bertindak sebagai katalis dalam proses kumpulan asam amino yang menghasilkan pembentukan rantai protein. Ini membantu menciptakan ikatan peptida antara asam amino dalam rantai polipeptida. Karena kehadirannya, polipeptida dibuat dengan cara yang benar selama translasi. Dengan demikian, rRNA memainkan peran utama dalam translasi. Hal ini juga memegang untai tunggal mRNA di tempat sehingga antikodon tRNA sesuai dengan kodon mRNA dan membentuk kode untuk asam amino tertentu. Sebuah kodon terdiri dari tiga basa nukleotida terus menerus yang membuat kode untuk asam amino atau membawa tentang akhir translasi.

transfer RNA dan Fungsinya

Baik tRNA dan rRNA adalah molekul non-coding RNA yang memainkan peran penting dalam proses translasi. tRNA merupakan 15% dari total RNA. Memiliki bentuk mirip dengan daun semanggi. Ini adalah rantai RNA kecil yang terdiri dari sekitar 80 nukleotida. Ia memiliki tiga loop seperti jepit rambut. Sebuah situs lampiran asam amino terdapat di salah satu ujung. Bagian dalam lingkaran tengah disebut situs antikodon. Ini sesuai dengan daerah tertentu (kodon) pada mRNA. tRNA membawa asam amino ke ribosom selama sintesis protein. tRNA, bersama dengan ribosom, membaca kode mRNA dan menghasilkan rantai polipeptida yang akhirnya digunakan untuk membentuk protein fungsional. Sebagian besar jenis sel memiliki 30 sampai 40 molekul tRNA yang berbeda, sementara terdapat 20 asam amino yang berbeda. Dengan demikian, lebih dari satu tRNA sesuai dengan masing-masing asam amino.

struktur-t-rna

Messenger RNA dan Fungsinya

Messenger RNA (mRNA) mentranskripsi informasi genetik tentang urutan protein, dari DNA ke ribosom. mRNA merupakan hanya 5% dari total RNA. Dengan bantuan dari ‘topi’ yang terdapat di salah satu ujung, mRNA mengikat ribosom. Seiring dengan informasi genetik untuk urutan asam amino dari protein, mRNA juga mengandung urutan non-coding yang dapat membawa instruksi pengoperasian untuk sel. Ini memberitahu sel bagaimana harus menangani mRNA. Bagian mRNA non-coding dapat bervariasi panjangnya. Kemudian, ada kodon inisiasi, yang menandai dimulainya urutan coding dan pada akhirnya, ada wilayah coding yang berisi salinan gen.

struktur m-rna

Kode genetik dan salinan semua protein yang dibuat dalam tubuh disimpan dalam DNA. Informasi ini pertama kali disalin (ditranskripsi) menjadi mRNA. Ini adalah langkah pertama dalam sintesis protein. Proses ini disebut transkripsi. Bila ini dilakukan, mRNA keluar dari inti sel dan mencapai sitoplasma sel. Dalam sitoplasma, mRNA akan terikat dengan ribosom, yang terbuat dari rRNA. Setiap kodon pada mRNA sesuai dengan salah satu asam amino. tRNA berfungsi sebagai adaptor molekul, dan membantu membangun protein. tRNA mengikat mRNA pada salah satu ujungnya, dan membawa asam amino ke posisi yang benar di ujung lain. Mereka menghubungkan asam amino sesuai dengan kode yang disediakan oleh mRNA. Hal ini disebut translasi. Dengan demikian, susunan asam amino dalam protein yang dihasilkan tergantung pada urutan coding yang dilakukan oleh mRNA.

Jangka hidup dari mRNA sangat singkat, meskipun sangat penting untuk sintesis protein. Hal ini terus dipecah oleh ribonucleases (RNase), kadang-kadang, segera setelah translasi, bahkan sebelum protein lengkap dibuat. Ini ada selama beberapa menit, atau paling-paling, selama beberapa hari. rRNA dan tRNA yang cukup stabil.

RNA Klasifikasi Menurut Fungsi mereka

Sintesis Protein

✦ rRNA

✦ tRNA

✦ mRNA

✦ partikel pengenalan Signal atau RNA SRP yang mengatur pengangkutan protein di lapisan ganda lipid.

Pasca transkripsi Modifikasi DNA / RNA

✦ snRNA atau Small nuclear RNA terlibat dalam splicing gen.

✦ snoRNA memainkan peran penting dalam modifikasi basa RNA.

✦ Komponen Telomerase RNA atau TERC mengandung RNA template untuk penambahan basa telomeric.

Regulasi ekspresi Gen

✦ Arna / asRNA (Antisense RNA) mengatur transkripsi RNA.

✦ Micro RNA atau Mirna, terlibat dalam regulasi gen melalui interferensi RNA (RNAi).

✦ long RNA noncoding atau lncRNA memainkan peran penting dalam regulasi epigenetik ekspresi gen.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa fungsi tubuh manusia serta asam ribonukleat (RNA) membantu dalam coding, decoding, regulasi, dan ekspresi gen. Masalah dengan DNA dapat serius mempengaruhi fungsi RNA, dan sebaliknya, karena fungsi DNA-RNA sangat saling bergantung.