Tips Memelihara Landak Mini

landak mini cinnamon2 anakan landakmurahcom
Apakah anda pernah berpikir memelihara hewan landak sebagai peliharaan? Biasanya banyak dari kita ingin memelihara hewan peliharaan yang cara perawatannya cukup mudah. Mudah dari cara pemeliharaannya, serta tidak membutuhkan banyak tenaga dan biaya dalam perawatannya. Satu hal yang juga jadi pertimbangan adalah sifat hewan tersebut, seperti kelucuan dan keunikannya. Bila faktor-faktor tersebut yang menjadi pertimbangan anda, mungkin anda perlu melirik landak mini sebagai hewan peliharaan yang imut serta menggemaskan. Namun, sebelum anda mengambil keputusan memelihara hewan ini, anda perlu mengenali karakteristiknya terlebih dahulu.
Landak mini merupakan hewan mamalia yang berasal dari famili Erinaceinae. Hewan satu ini belakangan menjadi hewan peliharaan yang menarik perhatian penghobi satwa di Indonesia. Duri-durinya, ukuran, serta tingkah lakunya yang menggemaskan banyak diminati kalangan pecinta satwa. Sebelum ini, landak mini hanya dikenal oleh sebagian kecil kalangan saja. Dari semakin gencarnya sorotan media, baik televisi maupun media online akhirnya memelihara landak mini menjadi satu trend tersendiri untuk para pecinta hewan.
Mengenali keunikan karakteristik landak mini
Memelihara landak mini bisa jadi cukup menyenangkan terkait sifatnya yang lucu serta bersahabat. Selain itu, landak mini bisa juga menyesuaikan pola hidupnya dengan gaya hidup sang pemilik. Hewan satu ini bisa menjadi hewan Diurnal (bangun pada sebagian waktu malam dan siang) sehingga bagi orang yang hendak mengamati tingkah lucunya bisa menemukan saat yang tepat dalam berinteraksi dengannya. Landak mini juga tidak banyak membutuhkan ruang, selain itu makanan mereka juga sangat mudah untuk dicari. Pada dasarnya, hewan ini merupakan hewan soliter sehingga tidak terlalu membutuhkan keberadaan hewan lain untuk menemaninya. Sifat inilah yang menjadi salah satu keunikan landak mini.
Berbeda dengan jenis hewan pengerat lain seperti marmut dan hamster, landak mini tak terlalu menghasilkan bau cukup menyengat. Selain itu, umur landak mini ternyata juga lebih lama dibandingkan dengan hamster. Melalui perawatan yang benar, landak mini bisa hidup sampai 8 tahun. Hewan ini tidak membutuhkan vaksin karena cukup tahan terhadap penyakit. Maka dari itu, banyak kalangan menganggap landak jenis ini sebagai hewan yang sempurna untuk dipelihara. Landak mini mempunyai wajah lucu dan manis menyerupai rakun, dilengkapi mata kecil serta hidung runcing dengan kondisi yang terus berkedut untuk mendeteksi bau-bauan di sekitarnya. Walaupun tak ada kaitannya dengan jenis landak porcupine, terkadang banyak kalangan keliru mengenali landak mini terkait duri yang menempel pada punggungnya. Akan tetapi, duri pada landak mini ini sangat berbeda dibandingkan dengan landak jenis pourcupine. Duri yang terdapat pada landak mini tak terlalu  tajam serta ukurannya lebih kecil. Ketika hendak mempertahankan dirinya, landak mini akan menggulungkan badannya seperti bola dan nampak menyerupai landak laut.
Kandang 
Memelihara landak mini sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya memerlukan kandang dari bahan kontainer plastik. Untuk peletakannya, simpan kandang  di dalam ruangan bersuhu sekitar 240-280 derajad Celcius.
Makanan 
Meskipun dikelompokkan ke dalam jenis insectivora (atau pemakan serangga), akan tetapi landak mini bisa juga diberikan jenis pakan buatan semisal pakan kering kucing (dry cat food) dengan kualitas baik, atau makanan formula khusus bagi landak mini. Sebaiknya, landak mini bisa juga diberikan variasi pakan lain semisal ulat hongkong, jangkrik, ulat jerman serta serangga lainnya. Alangkah baiknya juga memberikan susu pada landak mini agar merangsang sensitifitas ususnya terhadap susu.
Harga pasaran landak mini 
Saat ini ada bermacam jenis hewan landak mini di pasaran yang ditawarkan pada para penghobi binatang. Berbagai penawaran yang ada mulai dari bermacam jenis serta ukuran menentukan pula variasi harga yang harus dikeluarkan. Variasi tersebut tergantung pada jenis kelamin, warna, umur, kondisi kesehatan, serta sifat yang dimiliki landak mini. Bila anda ingin mencoba memelihara landak mini, maka coba anda beli seekor dulu dengan ukuran sedang namun tak terlalu kecil agar anda dapat belajar mengenal karakter serta pola hidup landak mini tersebut. Untuk harga yang dipatok, anakan landak mini biasanya berkisar sekitar 100-200 ribu, sementara untuk yang berukuran sedang sekitar 300-500 ribu/ekor.
Satu hal yang juga tak boleh luput dari perhatian tentunya berupa penyiapan akuarium beserta pernak-pernik di dalamnya. Untuk kelengkapannya, akuarium disiapkan dengan serbuk kayu, pakan dan shampo. Sedangkan untuk biaya pemeliharaannya, biasanya anda cukup merogoh kocek sekitar 100-200 ribu saja. Tidak terlalu memberatkan bukan? Selamat mencoba.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Try To Look At the Bright Side Teposeliro sifate satrio, Nelongso sing dhadhi gegondelaning roso, Prihatin dhalaning mukti utomo

%d bloggers like this: