Pengertian Replikasi semikonservatif

Replikasi semikonservatif merupakan salah satu model yang diusulkan yang digunakan oleh DNA untuk bereplikasi. Setiap helai bertindak sebagai template untuk heliks ganda yang baru.

Replikasi semikonservatif adalah Model replikasi DNA di mana setiap molekul untai ganda terdiri dari satu untai orangtua dan satu untai baru polimerisasi.

Replikasi semikonservatif menjelaskan mekanisme DNA yang direplikasi di semua sel yang dikenal. Mekanisme replikasi adalah salah satu dari tiga model yang awalnya diusulkan untuk replikasi DNA:

1. Replikasi semikonservatif akan menghasilkan dua salinan yang masing-masing berisi satu untai asli dan satu untai baru.
2. Replikasi konservatif akan meninggalkan dua untai DNA template asli bersama-sama dalam heliks ganda dan akan menghasilkan salinan terdiri dari dua helai baru yang berisi semua pasangan basa DNA baru.
3. Replikasi dispersif akan menghasilkan dua salinan DNA, baik yang mengandung daerah yang berbeda dari DNA terdiri dari baik kedua untai asli atau kedua untai baru.

Penguraian struktur DNA oleh Watson dan Crick pada tahun 1953 menyatakan bahwa setiap helai double helix akan berfungsi sebagai template untuk sintesis untai baru.

Pengertian Replikasi semikonservatif

Namun, tidak ada cara untuk mengetahui bagaimana alur baru disintesis mungkin menggabungkan dengan helai template untuk membentuk dua molekul DNA heliks ganda. Model semikonservatif tampaknya paling masuk akal karena akan memungkinkan setiap helai anak untuk tetap berhubungan dengan template dengan untai nya.

Sumber: Principle of Genome analysis and genomics, 2003. Primrose and Tmyman.

Advertisements

Try To Look At the Bright Side Teposeliro sifate satrio, Nelongso sing dhadhi gegondelaning roso, Prihatin dhalaning mukti utomo

%d bloggers like this: