Tauge yang Kecil Ternyata Punya Segudang Manfaat

 

TAUGE itu lambang kesuburan. Lelaki yang makan tauge akan membuat spermanya “berisi”, sedangkan perempuan yang mengonsumsi tauge akan membuat rahimnya gampang “dibajak”. Ini semula hanya menjadi cerita dan bagian mitos. Tapi, penelitian menunjukkan khasiat yang lebih hebat dari itu!

Sayuran tauge, jenis apa pun, baik tauge kacang hijau, tauge kedelai, tauge alfalfa, maupun jenis tauge lainnya, mengandung banyak sekali senyawa fitokimiawi berkhasiat. Salah satunya kanavanin (canavanine), jenis asam amino bahan penyusun arginin yang paling banyak tersimpan dalam tauge alfafa. Kanavin, menurut sejumlah penelitian, mampu melumpuhkan bibit kanker leukimia, usus besar dan pankreas.

Estrogen alami yang terdapat dalam tauge berfungsi sama dengan estrogen sintetis, tapi yang ini tanpa efek sampingan. Estrogen dalam tauge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan dan susunan tulang, serta mencegah rapuh tulang (osteoporosis). Rajin makan tauge membantu wanita terhindar dari kanker payudara, gangguan menjelang menstruasi (premenstrual syndrome, PMS), keluhan semburat panas (hot flashes), pramenopause, dan gangguan akibat menopause.

Ketika biji-bijian dan kacang-kacangan dikecambahkan, secara umum kadar saponinnya menanjak 450 persen. Saponin paling banyak ditemukan dalam tauge alfalfa. Para penyandang risiko stroke dan serangan jantung, gara-gara kadar lemak darah melambung, dianjurkan lebih banyak menyantap tauge. Saponin dalan tauge, akan menggelontor ‘lemak jahat’ LDL, tanpa mengganggu kandungan ‘lemak baik’ HDL.

Setelah melalui sejumlah percobaan dengan binatang, saponin tauge diketahui dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh, dengan cara menggenjot aktivitas sel pembuluh alami, (natural killer cells), khususnya sel T-limfosit dan interferon. Selain sarat DNA, tauge padat zat antioksidan kuat yang membentangi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA. Perlindungan ganda inilah yang menguatkan kesimpulan tauge merupakan sayuran yang membuat kita ‘lahir kembali’, menjadi lebih muda.

tauge kedelai, menurut James Dukes, Ph.D., peneliti dan ahli botani dari Departemen Pertanian AS, kaya senyawa antikanker lainnya, kerja genistein lebih efektif ketika benih kanker sudah mulai bersemi. Karena pada saat itulah genistein akan bekerja giat mengacaukan pasokan makanan bagi sel-sel kanker, sehingga mereka akhirnya mati.

Namun Duke mengingatkan, hendaklah pasien wanita pengidap kanker payudara yang tengah menjalani terapi pengobatan dengan tamoxifen membatasi konsumsi tauge, apalagi yang tamoxifen. Artinya, tauge hanya perlu dibatasi jika kita menderita jenis tumor atau kanker yang berkaitan dengan estrogen.

Anda selalu kembung setiap kali makan kacang-kacangan? Itu pertanda Anda sensitif terhadap oligosakarida, satu jenis karbohidrat kompleks yang ada dalam kacang-kacangan. Guna mendapatkan gizi kacang-kacangan tanpa kembung, tauge bisa jadi jalan keluar. Pengecambahan telah menguraikan 90 persen rantai oligisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas.

Karena mengandung banyak serat dan air, tauge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda tauge dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran segera meninggalkan usus besar, tak ada lagi zat-zat racun dalam kotoran yang dapat diserap tubuh. Dan ini mencegah menumpuknya zat racun, yang dapat merangsang berseminya benih kanker.

Nah, jika demikian faktanya, masihkan kita meremehkan tauge?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Allah SWT akan menolong seorang hamba selama ia mau menolong sesama. Try To Look At the Bright Side. Teposeliro sifate satrio, Nelongso sing dhadhi gegondelaning roso, Prihatin dhalaning mukti utomo

%d bloggers like this: