BEDAH…MANFAAT TELUR PUYUH

manfaat telur burung puyuh
Telur Burung Puyuh
Puyuh merupakan salah satu jenis unggas tepatnya burung yang dikelompokkan ke dalam kerabat Phasianidae. Ukuran tubuh burung ini medium, sedikit gemuk dan lebih banyak hidup di daratan. Burung puyuh sendiri mengkonsumsi biji-bijian. Namun mereka juga bisa memangsa serangga dan binatang berukuran kecil lainnya. Burung ini mampu berlari cepat dan terbang namun tidak dalam jarak tempuh yang panjang seperti jenis burung lainnya. Di Negara Asia seperti Jepang dan juga Indonesia, burung puyuh diterankkan secara besar-besaran  sebab telur burung puyuh dikonsumsi oleh banyak orang. Kabarnya, manfaat telur burung puyuh cukup banyak. Selain telurnya, pada dasarnya, daging burung yang satu ini juga cukup nikmat untuk disantap.

Bagian Dari Budaya Kuliner

Ukuran telur puyuh bisa dikatakan mini. Pada cangkangnya terdapat banyak bercak coklat dan hitam. Tekstur cangkang ini agak kasar. Telur burung puyuh banyak dikonsumsi sebagai salam satu sumber protein yang nikmat. Tak hanya di Asia, di Negara Eropa seperti Perancis pun gemar menyantap daging burung puyuh dan juga telurnya. Selain itu, Negara seperti Malta, Portugis dan juga India sudah lama dikenal dengan kuliner dari telur dan daging puyuh.

Sementara itu, di Jepang, telur burung puyuh populer dijadikan pelengkap sushi dan soup. Lain lagi di Kolombia, telur burung ini banyak diolah dan dijadikan pelengkap hot-dog juga hamburger. Sementara itu, Negara tetangga kita, Filifina, menjadikan telur burung puyuh kuliner nikmat yang disantap bersama saus tertentu. Di Indoensia sendiri, telur burung puyuh banyak dikonsumsi ketimbang dagingnya. Jika Anda ke Jogjakarta, dengan mudah Anda akna menemukan sate telur burung puyuh yang selalu ada di warung makan manapun terutama di Angkringan. Memang kuliner burung puyuh telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya kuliner Jogja. Selain nikmat, manfaat telur burung puyuh memang membuat banyak orang jatuh cinta!


Sederet Manfaat Telur Mungil Puyuh

Telur Burung Puyuh
Sebelum membedah manfaat telur burung puyuh, penting untuk mengurai kandungan senyawa aktif di dalam telur tersebut. Berdasarkan uji klinis, telur burung puyuh diketahui mengandung protein sebanyak 13,1%, karbohidrat sebanyak 1,0%, lemak sebanyak 11%, lutein juga zeaksantin, kolin, globulin dan masih banyak lagi lainnya. Dengan kandungan yang kompleks tersebut, telur puyuh kemudian diketahui memiliki sederet khasiat. Berikut manfaat telur burung puyuh, antara lain:
  1. Sebagai sumber protein yang baik. Jumlah protein pada telur puyuh jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan protein ayam ataupun bebek. Keunggulan lainnya adalah daya cerna protein telur jauh lebih baik ketimbang sumber protein lainnya.
  2. Sebagai nutrisi otak terbaik sebab komposisi lemak, vitamin dan mineralnya sangat baik memelihara otak. Selain itu senyawa kolin di dalam telur puyuh juga ampuh memelihara sistem saraf sehingga kinerja otak jauh lebih optimal.
  3. Bagi anak-anak, telur puyuh berfungsi untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak. Sedangkan bagi lansia, konsumsi telur puyuh bisa menjauhkan kepikunan.
  4. Sementara itu, bagi ibu hamil, disarankan mengkonsumsi telur puyuh sebab bisa merangsang perkembangan otak janin.
  5. Manfaat telur puyuh lainnya adalah menjaga kesehatan mata.
  6. Mencegah perkembangan sel kanker dan juga tumor.
  7. Zat lutein yang ada pada telur puyuh bisa menghambat penuaan dini bahkan sampai 40%!
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Try To Look At the Bright Side Teposeliro sifate satrio, Nelongso sing dhadhi gegondelaning roso, Prihatin dhalaning mukti utomo

%d bloggers like this: