Batu Akik Motif Leopard..ditawar luarbiasa

Batu Akik Motif Leopard Ditawar Rp 30 Juta
 KOMPAS.COM
Batu akik bermotif macan asal Banyuwangi
Sebuah batu akik bermotif Leopard asal Kabupaten Banyuwangi ditawar puluhan juta rupiah. Hal tersebut diungkapkan oleh M Chotib (46), kolektor batu akik saat ditemui Kompas.com, Rabu (4/2/2015).

“Ada yang ditawar sampai 30 juta. Semua batu ini saya temukan sendiri di wilayah Banyuwangi selatan. Selanjutnya saya asah sendiri,” jelas Chotib yang mengaku mengoleksi batu akik sejak lajang.

Untuk mendapatkan batu dengan motif yang unik, dia keluar masuk hutan serta perbukitan dan juga menyusuri pinggiran pantai. Ia mengaku banyak menemukan batu-batu yang bermotif unik di Banyuwangi.

“Potensi batu akik di Banyuwangi cukup tinggi. Bukan hanya seperti motif Leopad atau macan seperti ini. Ada juga jenis Pyrite yang katanya hanya ada di dataran Afrika. Saya menemukannya di Banyuwangi,” jelasnya dengan menunjukkan bongkahan-bongkahan batu miliknya.

Tidak semua batu yang ia temukan dibawa pulang. Biasanya ia akan membawa sampel untuk diasah. “Saya juga masih memikirkan kalau dibawa semuanya lalu orang lain juga mengambil secara besar-besaran, kasihan lingkungannya,” jelasnya.

Ia juga sering mengirimkan beberapa jenis batu untuk dikirim ke luar pulau. “Terakhir saya kirim batu jenis Chalcedony ke Kalimantan seberat 6 kilo,” ungkapnya.

Sementara itu, Akbar Tanjung (28), wakil ketua Banyuwangi Gamstone Banyuwangi menjelaskan, Banyuwangi mempunyai semua jenis batu yang disukai oleh pasaran. Bahkan, menurut dia, yang membuat batu asal Banyuwangi lebih menarik karena warna kontrasnya sangat terlihat.

“Ini contohnya. Antara warna hijau dan coklatnya sangat kontras sehingga menimbulkan motif yang sangat bagus,” jelas Akbar sambil menujukkan bongkahan-bongkahan batu di hadapannya.

Ia menjelaskan, saat diasah akan ditemukan motif-motif unik dalam batu tersebut. “Kalau punya saya ini tulisan Allah dalam bahasa Arab dan ditawar 20 juta. Ada juga yang bergambar seperti perempuan berdoa,” jelasnya sambil menunjukkan satu per satu koleksi milik komunitasnya.

Ia mengaku sebagai penggemar batu akik. Komunitas mempunyai fungsi untuk mengontrol harga batu serta sharing jenis jenis batu yang baru. “Paling tidak, kami juga membantu mengenalkan Banyuwangi dengan potensi batunya,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Allah SWT akan menolong seorang hamba selama ia mau menolong sesama. Try To Look At the Bright Side. Teposeliro sifate satrio, Nelongso sing dhadhi gegondelaning roso, Prihatin dhalaning mukti utomo

%d bloggers like this: