Cara Terbaik Mengatasi Serangan Asma

Langkah awal ini sangat baik dilakukan agar asma tak semakin parah.

 Kebanyakan orang yang menderita asma tidak akan meninggalkan obat mereka di rumah.

Membawa obat penting ketika mereka terkena serangan asma. Tapi ketika pasien asma lupa atau tidak punya waktu untuk minum obat asma, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi serangan asma.

Ketika mengalami asma, saluran udara di paru-paru menjadi meradang dan terhalang oleh lendir. Ini membuat sulit bernapas.

Ada banyak hal yang dapat memicu serangan asma seperti polusi udara, perasaan emosional atau asma lainnya pemicu seperti debu, asap rokok dan lainnya.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan serangan asma ketika Anda tidak dapat menggunakan inhaler:

1. Duduk tegak
Ketika Anda mulai merasa sesak dada, berhenti melakukan apa yang Anda lakukan dan duduklah dengan tegak. Jika tubuh melengkung ke bawah atau berbaring, pernapasan akan terhambat dan asma akan lebih parah.

2. Napas panjang
Mengambil napas dalam-dalam secara perlahan akan membuat proses pernapasan menjadi lambat dan mencegah serangan asma semakin berat. Tarik napas melalui hidung dan keluar melalui mulut.

3. Jangan panik
Yang paling penting selama serangan asma tidak panik dan tetap tenang. Panik hanya akan membuat otot-otot dada menjadi lebih kencang dan membuat pasien lebih sulit untuk bernapas. Tidak panik saat serangan asma memang sulit, karena respon pertama biasanya seseorang panik, terutama saat tidak membawa inhaler. Tapi tetap tenang dengan mengingat bahwa panik hanya akan membuat asma lebih buruk.

4. Hindari pemicu asma
Setiap penderita asma harus sudah tahu apa yang dapat memicu serangan asmanya. Apapun itu, menjauh dari hal-hal yang dapat menyebabkan asma, terutama jika pernapasan mulai merasa tidak nyaman.

5. Minum minuman hangat
Beberapa minuman hangat seperti kopi dapat membuat saluran udara sedikit terbuka, sehingga dapat memberikan rasa nyaman dan membantu Anda bernapas selama setidaknya satu jam atau lebih.

6. Carilah bantuan
Jika mengalami asma, batuk, dan suara mengi masih terjadi ketika sudah beristirahat, carilah bantuan atau segera ke rumah sakit.

Ingat, asma bukanlah penyakit yang langsung bisa pulih setelah pengobatan. Pasien dengan asma harus melanjutkan pengobatan meskipun mereka tidak pernah terkena serangan asma.

Jika serangan asma sering terjadi, itu berarti pasien tidak benar-benar menjaga kesehatan yang baik. Anda mungkin perlu obat yang lebih cocok atau mulai memperhatikan gaya hidup Anda. (Medic Magic)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Try To Look At the Bright Side Teposeliro sifate satrio, Nelongso sing dhadhi gegondelaning roso, Prihatin dhalaning mukti utomo

%d bloggers like this: