SI MURAH YANG KAYA AKAN GIZI – TELUR PUYUH

Harga Telur Puyuh
Telur Burung Puyuh
Siapa yang bilang harga selalu berbanding dengan kualitas? Siapa yang bilang harus bayar mahal untuk makanan bergizi? Ada beberapa pengecualian terhadap pemikiran tersebut. Salah satunya adalah telur burung puyuh. Keunggulan yang bisa dinikmati semua orang. Harga telur puyuh terbilang murah, tetapi nilai gizi yang tersimpan di dalam telur puyuh tersebut sangat kaya bahkan melebihi telur ayam pun telur bebek yang lebih populer. Memang ukuran telur puyuh tak sebanding dengan telur lainnya. Tapi kualitasnya bisa diadu. Rasanya juga cukup memikat dan tentu mudah diolah. Pernah mencoba kuliner dari telur puyuh? Jika belum, segeralah berburu telur puyuh!
Mudah Dijumpai Di Pasaran
Pada dasarnya, telur puyuh tidak bisa diolah seperti telur pada umumnya sebab ukuranya yeng kecil membuat ia lebih mudah diolah dengan cara direbus ketimbang di”ceplok” seperti telur lainnya. Selain itu, industri kuliner seperti roti dan cookies juga tidak bisa menggunakan telur puyuh sebab memang ukurannya tak mencukupi. Di pasaran, terutama di wilayah Pulau Jawa, dengan mudah Anda bisa mendapatkan telur burung puyuh baik itu yang telah diolah ataupun yang masih dalam bentuk telur mentah. Harga telur puyuh yang telah diolah, milsanya menjadi sate telur puyuh bacem, berkisar di angka 1000 sampai 2000 per tusuk. Biasanya harga didasarkan pada jumlah butir dalam satu ruas tusuk sate. Sementara itu, jika Anda membeli telur burung puyuh mentah, harganya berkisar di angka Rp.200 sampai Rp.300 per butirnya. Jika dalam hitungan kilogram, kisaran harga telur puyuh antara Rp.18.000 sampai Rp.20.000. Soal harga memang akan selalu fluktuatif, bisa berubah kapanpun. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda rutin mengecek. Namun, secara umum, harga telur puyuh sangat murah jika dibandingkan dengan kualitasnya yang super. Apabila di sekitar Anda terdapat peternakan burung puyuh, jauh lebih baik lagi jika Anda membeli langsung di peternakan tersebut. Kabarnya harga satu biji telur puyuh bisa sampai Rp.70 saja! Murah.

Si Murah Yang Kaya Gizi

Telur Burung Puyuh Di Inkubator
Meski harga telur puyuh sangat murah dan terjangkau, tapi bukan berarti Anda bisa meremehkan gizinya. Secara umum, Kandungan gizi telur puyuh sama saja dengan jenis telur lainnya. Hanya saja kandungan proteinnya yang mencapai 13,1% merupakan angka yang melampaui kandungan protein pada telur ayam dan juga telur bebek. Padahal jika dibandingkan harga, tentu kedua jenis telur tadi lebih mahal ketimbang telur puyuh. Karena kandungan protein yang tinggi ini, telur puyuh kemudian memiliki khasiat antara lain menutrisi otak, mencegah pikun, memelihara kesehatan organ tubuh, menghambat pertumbuhan sel kanker juga sel tumor, memperlambat penuaan dan masih banyak lagi lainnya. Untuk gizi terbaik tak selalu mahal bukan?
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Try To Look At the Bright Side Teposeliro sifate satrio, Nelongso sing dhadhi gegondelaning roso, Prihatin dhalaning mukti utomo

%d bloggers like this: