MEMBUAT ABON AYAM PRAKTIS DAN NIKMAT

cara membuat abon ayam
Abon Ayam
Kelezatan daging ayam sudah menjadi rahasia umum. Anda pasti sudah pernah merasakan betapa gurih dan nikmatnya cita rasa unggas yang satu ini. Di Indonesia, kuliner berbahan utama ayam cukup mudah ditemukan. Mulai dari standar kaki lima bahkan A La bintang lima. Kuliner ayam yang populer dan sering kita jumpai antara lain sup ayam, ayam goreng mentega, opor ayam, ayam kecap, ayam bumbu rica, ayam balado, dan masih banyak lagi lainnya. Semuanya enak dan menggoda lidah. Nah, bagi Anda yang terbiasa dengan deretan kuliner ayam tersebut, pasti ingin mencoba resep ayam lainnya. Kali ini kami memberikan resep abon ayam. Tak hanya daging sapi yang nikmat diolah menjadi abon. Tak percaya? Berikut cara membuat abon ayam yang bisa Anda praktekkan di rumah masing-masing.

Siapkan Bahan Yang Diperlukan

Ada beragam jenis abon ayam. Yang kami bagikan kali ini adalah cara membuat abon ayam bawang. Berikut bahan yang dibutuhkan:
  • Daging ayam sebanyak 1.500 gram
  • Bawang merah sebanyak 1000 gram. Kupas kulitnya dan iris tipis.
  • Kaldu ayam bubuk sebanyak 3 sendok makan.
  • Santan kental dari ½ kelapa tua sebanyak 100 mililiter
  • Minyak untuk menggoreng dan menumis bumbu. Secukupnya
  • Siapkan bumbu halus berupa:
  • Bawang putih sebanyak 150 grma
  • Cabe merah sebanyak 150 gram.
  • Cabe rawit sebanyak 11 buah. Pilih cabe rawit yang hijau.
  • Terasi sebanyak ½ sendok teh
  • Garam sebanyak 1 sendok teh.

Meracik Abon Ayam Bawang

Abon Ayam

Setelah semua bahan-bahan yang diperlukan siap, ikuti langkah berikut:

  1. Rebus daging ayam yang telah dibersihkan dengan tambahan garam sebanyak 1 sendok teh di dalam air sebanyak 1000 mililiter. Panaskan hingga daging menjadi lunak dan matang sempurna. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin, buang kulit ayam.
  2. Panaskan minyak untuk menumis. Kemudian masukkan semua bumbu yang telah dihaluskan. Tumis hingga bumbu menjadi harum. Matikan api dan angkat bumbu. Simpan di wadah dan dinginkan.
  3. Langkah selanjutnya adalah menumbuh daging ayam yang telah direbus dengan menggunakan batu lumpang. Setelah itu,  suwir atau cabik ayam sampai dging ayam terpisah dalam ukuran setipis mungkin
  4. Kemudian campurkan suwiran ayam tersebut dengan bawang merah dan juga bumbu halus yang telah ditumis. Tambahkan kaldu ayam bubuk, santan dan juga gula pasir. Aduk terus hingga merata sempurna.
  5. Selanjutnya, panaskan minyak untuk menggoreng. Daging ayam yang telah bercampur dengan semua bumbu kemudian digoreng sedikit demi sedikit hingga matang dan garing. Angkat dan dinginkan. Tekan abon dengan kertas agar minyaknya terserap. Jika terlalu padat, bisa dibikin terpisah dengan menggunakan garpu.
Bagaimana? Cara membuat abon ayam bawang cukup mudah dan praktis bukan? Segera praktekkan di dapur Anda ya. Selamat mencoba!
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Try To Look At the Bright Side Teposeliro sifate satrio, Nelongso sing dhadhi gegondelaning roso, Prihatin dhalaning mukti utomo

%d bloggers like this: