Download Jurnal dan Ebook Gratis

Bagi insan akademisi entah dosen atau mahasiswa pasti bersentuhan  dengan yang namanya jurnal serta buku teks (text book). Dalam bertutur ilmiah, seorang akademisi memerlukan data atau acuan yang valid dan terbukti sah menurut metode ilmiah. Ya, tentu saja ini bukan monopoli insan akademisi. Bahkan, seorang politisi, pengamat, hingga masyarakat seyogyanya memiliki data yang benar dan tepat ketika berargumentasi.

Meski demikian, ada satu kendala yang sering dialami kita khususnya yang masih hidup di bumi Indonesia. Apa itu? Keterbatasan akses. Selain biaya, tak semua perguruan tinggi di Indonesia berlangganan jurnal. Untungnya, beberapa waktu lalu dikti melaunching program portal e-jurnal. Setiap perguruan tinggi yang sudah memiliki proxy bisa mendaftarkan ke dikti untuk kemudian memiliki akses jurnal internasional yang sengaja dilanggan kemdikbud (info selengkapnya bisa dibaca di http://e-journal.dikti.go.id/site).

Penyediaan layanan unduh jurnal tersebut tidak serta merta menyelesaikan masalah. Pasalnya, tidak semua universitas di Indonesia memiliki proxy sendiri. Pun, tidak semua jurnal yang dibutuhkan oleh mahasiswa maupun dosen bisa diakses gratis melalui layanan dikti tersebut. Oleh sebab itu, ada beberapa teknik yang bisa digunakan sehingga kita tetap bisa mendapatkan jurnal atau buku yang diharapkan.

Apa saja tekniknya?

1. Gunakan ekstensi filetype:pdf
Jika tidak mau susah mencari jurnal, buku, bahkan makalah untuk tema tertentu; maka lebih baik langsung mencari file yang dimaksud dengan menambahkan ekstensi filetype:pdf atau sejenisnya.

Misal, jika mencari buku, jurnal, atau makalah tentang “fitokimia” maka kita ketikan di kotak mesin pencari seperti google:

fitokimia filetype:pdf

Setelah dirunning, maka mesin akan mencari file entah buku, makalah, atau jurnal yang memiliki judul fitokimia dengan ekstensi file berupa pdf. Ekstensi pdf tersebut bisa diubah dengan ekstensi file lain sebagaimana kita inginkan, seperti doc untuk mencari dokumen yang berjenis microsoft word, ppt untuk mencari dokumen berjenis microsoft power point, dan sebagainya. Mudah, bukan?

2. Mencari di http://google.scholar.com
Jika menginginkan hasil pencarian yang presisinya baik, dalam arti bukan ‘cuman’ tulisan abal-abal yang tidak bisa dipertanggungjawabkan isinya maka gunakanlah google scholar. Sederhananya, google scholar ini mirip dengan google namun hasil pencariannya sudah diseleksi sehingga sebagian besar merujuk pada sumber-sumber terpercaya semisal jurnal, web site pemerintah, institusi pendidikan dan sejenisnya yang isinya mendekati valid.

Fyi, teknik pertama (ekstensi file pdf) bisa digabung dengan teknik kedua sehingga pencarian langsung kepada file yang bisa diunduh langsung dengan jenis pdf.

3. Akses jurnal melalui http://sci-hub.org
Sci-hub adalah web proxy yang akan men-redirect kita ke halaman jurnal yang diinginkan dengan institutional login melalui universitas yang berlangganan jurnal tersebut. Kita bisa mengunduh jurnal berbayar dari situs ini dengan mengcopy-pastekan doi atau link download jurnal yang kita inginkan.

Jika belum tau doi atau link download jurnalnya, ketikkan saja di kotak URL sci-hub dengan alamat penyedia jurnal, seperti http://sciencedirect.com. Setelah itu, di browser akan ada perubahan nama domain menjadi http://sciencedirect.com.sci-hub.org. Setelah itu, cari deh jurnal yang kita cari di sana. Kalau tanda hijau (artinya jurnal available alias bisa diunduh), kita bisa langsung klik link pdf atau langsung save as. Jika tandanya masih putih, maka kita perlu me-refresh web sehingga tanda available putih berubah jadi hijau.

4. Akses jurnal maupun ebook via http://gen.lib.rus.ec
Ada beberapa cara mengakses web ini, bisa dari gen.lib.rus.ec, bisa juga dari libgen.org. Kita juga bisa download majalah dan artikel ilmiah di web ini.

5. Download ebook melalui http://en.bookfi.org
Di sini, kita bisa download textbook kuliah dengan mudah dan tentunya gratis. Selain situs ini, sebenarnya banyak lagi yang menyediakan ebook gratis, salah satunya ebookee.com. Meski demikian, situs terakhir yang saya sebut ini seringkali ada link yang tidak valid atau file-nya sudah dihapus. So, sabar aja ya :p

6. Unduh jurnal di Open Access DOAJ- http://doaj.org atau http://intechopen.com
DOAJ maupun inTechOpen adalah kumpulan jurnal-jurnal open access dalam berbagai bidang. Caranya, ketik aja jurnal yang ingin dicari lalu web akan me-redirect ke laman jurnal yang menyediakan gratis. Sila dicoba :D

Apa beda DOAJ dengan inTechOpen? Bedanya, InTechOpen mengkhususkan diri ke sains dan teknik.

Leave a comment