Karakteristik Batu Emerald/Zamrud

IMG_20150127_230046
BATU ZAMRUD (EMERALD)

Karakteristik
Variasi warna : hijau segar, hijau – kekuningan, hijau – kebiruan
Kadar transparasi : transparan, translusan
Kilap polis : kilap – kaca
Index bias : 2,67 – 2,78
Formula kimia : Be 3 Al 2 SiO 6
Sistem kristal : Heksagonal
received_10205236741934360IMG_20150125_111103
Batu Zamrud (Be 3 Al 2 SiO 6) adalah batu permata atau batu mulia yang berwarna hijau sampai hijau tua. Zamrud termasuk mineral silikat beril (mengandung beryllium) dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium. Adanya vanadium dan besi yang menyertai kelumit kromium akan menyebabkan ragam zona pada warna hijau tersebut. Kekerasan zamrud termasuk tinggi (7,5 dalam skala Mohr).

Penghasil Batu Zamrud kualitas tinggi adalah Kolombia, Siberia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Australia dan Brazil.

Aura batu : menciptakan suasana sejuk, aman dan nyaman, menjaga kesegaran jasmani dan rohani.

Banyak batu-permata berwarna hijau, tetapi hijau jamrudlah yang dianggap paling mempesona. Sebagai mineral, jamrud termasuk kelompok jenis beril. jenis beril ini sebenarnya ada juga yang berwarna biru, kuning dan merah — tetapi hanya warna hijaulah yang sejuk dan teduh itulah yang membuatnya bisa tampil sejajar dengan batu-permata-mulia lainya.

IMG_20150108_161651IMG_20150108_160837

Uniknya, mayoritas mineral jamrud terlahir dengan membawa ciri khas alami berupa retakan-retakan ataupun serat-serat — sehingga kalau bisa menemukan satu yang berwarna bagus dan berbody mulus. Ini dia! Mau tau harganya? dipasar bebas sebentuk Zamrud nyaris sempurna dan berukuran besar bisa dinilai di atas US$ 10,000.00 per karatnya!

Sebagai batu-permata, Zamrud tampak paling anggun dan ideal bila diasah model faset dalam bentuk potongan persegi-empat atau potongan-jamrud (emerald-cut), sehingga dia sangat digandrungi oleh kaum pria yang akan merasa bangga kalau dapat memakainya sebagai mata cincin dengan ditretes intan-berlian pada bagian pinggirnya. Mantap lah rasanya.

Batu Zamrud (Emerald) dan dalam bahasa Belanda smagrad tergolong dalam sejenis mineral beryl, sama dengan Batu Aquamarine. Mereka sama-sama mempunyai nilai keras 7.5-8 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka berdua menempati urutan ke lima setelah Intan, Corundum, Chrysoberyl dan Topaz. Beryl murni tidak berwarna, namun bila unsur kimiawi chromium ikut bergabung, maka terbentuklah Emerald atau Zamrud yang berwarna hijau. Warna paling ideal Batu Zamrud adalah hijau daun. Campuran dari chromium yang mengakibatkan warna Zamrud menjadi hijau sama seperti keberadaan chromium yang telah memberi warna merah pada Mirah/Ruby.
Kebanyakan Batu Zamrud memiliki retak-retak halus seperti serabut-serabut. Namun pada semua permata, cacat diperlukan untuk identifikasi apakah terbentuk secara alamiah (natural) atau sintetik (hasil buatan laboratorium). Salah satu sisi yang bagus mengenai Batu Zamrud yaitu tahan panas dan tidak gampang berubah warna. Sisi buruknya ialah Batu Zamrud merupakan salah satu batu yang paling susah dipotong dan walaupun mereka amat keras tetapi Batu Zamrud tidak boleh terbentur terlampau keras juga karena mereka mudah sekali berkelumur.
Batu Zamrud berkualitas tinggi banyak ditemukan di Muzo dan Chivor, Colombia. Tambang lainnya berada di Sandawana (Zimbabwei), Kitwe (Zambia), dan Pakistan.

Kegunaan atau manfaat

Batu Zamrud dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain sebagai batu yang membawa hoki atau keberuntungan, meningkatkan keahlian dalam segi komunikasi dan diplomatik, dan memberi peringatan kepada pemiliknya jika ada suatu hal buruk yang akan terjadi (warnanya akan berubah menjadi pucat).

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan
Batu Zamrud dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 20, 35 dan yang ke 55. Dalam dunia astrology atau perbintangan Batu Zamrud adalah batu untuk orang yang lahir di bulan Mei (sama halnya dengan bunga lily of the valley) dan Batu Zamrud dihubungkan dengan zodiac Taurus serta Cancer.

IMG_20150105_212852

2 thoughts on “Karakteristik Batu Emerald/Zamrud

  1. Hеllօ there! I know this is kinda off topic but
    I wɑs wondering if you knew where I coսld locate a captcha
    plugin for my comment form? І’m using the same blog
    platform as yours and I’m hаving trouble fіndіng one?
    Thanks a lot!

  2. I used to be sսggеsted this website via my cοuѕin. I’m not
    surе whether or not this publish is writtеn by him as no one elѕe knoѡ
    such dіstinctive approximately my dіfficulty.
    You are wonderful! Thanks!

Leave a comment