KELINCI ANGGORA INGGRIS

Kelinci Anggora Inggris
English Anggora Rabbit
Jika merunut sejarah, maka kelinci anggora diketahui berasal dari Ankara, Turki. Kota Ankara sendiri dahulu kala diketahui bernama Anggora. Semua rasa binatang yang menyandang kata “anggora” memang memiliki ciri khas yang identik yakni pada bulu yang panjang dan lebat. Demikian halnya dengan si kelinci anggora yang menggemaskan. Bulunya lebat, halus dan tebal. Kabarnya bebuluan ini tumbuh sebanyak 2 cm per bulannya! Kelinci lucu dan menggemaskan ini terdiri dari berbagai varian. Jika didasarkan pada pengakuan ARBA atau American Rabbit Breeders Association, varian kelinci anggora ada 4 yakni English Anggora Rabbit, French Anggora Rabbit, Satin Anggora Rabbit dan Giant Anggora Rabbit. Selain yang diakui oleh ARBA, varian kelinci anggora juga masih mencakup German Anggora Rabbit, Chinese Anggora Rabbit, Swiss Anggora Rabbit dan Finnish Anggora Rabbit. Di antara semua varian ini, boleh jadi jenis English Anggora Rabbit atau kelinci anggora inggris-lah yang paling populer dipelihara baik itu sebagai hewan ternak maupun hewan rumahan.

Kelinci Anggora Inggris
Kelinci yang satu ini memang menggemaskan. Saat ini ia sangat populer dijadikan sahabat di rumah. Karakternya cenderung jinak jika diperlakukan secara tepat dan benar. Kelinci anggora inggris ini merupakan varian kelinci anggora dengan bulu terpanjang dan paling tebal. Karena itu, bagi sebagian orang, amat repot untuk merawatnya. Kelinci anggora lainnya seperti Kelinci Anggora Prancis juga memiliki bulu yang panjang tetapi jauh lebih rapi dibandingkan si Inggris. Karakteristik bulu Kelinci Anggora Inggris memang sedikit bergelombang.
French Anggora Rabbit
ARBA mencatat beberapa jenis Kelinci Anggora Inggris yakni antara lain Ruby-eye White Anggora English rabbit, Pointed White Anggora English Rabbit, Self Anggora English Rabbit, Shaded Anggora English Rabbit, Agouti Anggora English Rabbit dan Broken English Anggora Rabbit. Sebelum tahun 1939, kelinci anggora inggris dan kelinci anggora prancis disatukan ke dalam satu varian dengan nama “Anggora Wooler”, sebab keduanya diternakkan sebagai penghasil wool di Eropa pada saat itu. Namun setelah tahun 1939 oleh ARBA, Kelinci Anggora Wooler kemudian diklasifikasikan menjadi “English Type” dan “French Type”. Baru kemudian di tahun 1944, Anggora wooler resmi dibagi kedalam dua varian yakni English Anggora Rabbit dan French Anggora Rabbit. Memang keduanya terdapat perbedaan yang mencolok.
Jika diperhatikan, kelinci anggora inggris ditumbuhi bulu sampai ke bagian mata dan juga telinganya. Sementara itu, varian Kelinci Anggora Prancis ditumbuhi bulu hanya pada bagian badan saja. Sementara itu telinga dan matanya sama seperti kelinci normal lainnya. Kelinci Anggora Inggris ini memiliki bobot mulai dari 2 sampai 3,5 kilogram. Jenis kelinci ini memang lucu jika dijadikan binatang peliharaan sebab tampilannya menarik. Hanya saja, ARBA tidak merekomendasikannya untuk orang-orang yang malas mengurus binatang peliharaannya. Untuk bulu saja, si cantik ini harus disisir dua kali dalam seminggu. Jika Anda tertarik, siapkan diri untuk rajin menyisirnya ya!
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Try To Look At the Bright Side Teposeliro sifate satrio, Nelongso sing dhadhi gegondelaning roso, Prihatin dhalaning mukti utomo

%d bloggers like this: