Manfaat humor untuk kehidupan

Sungguh hari yang menyenangkan jika kita menikmati kehidupan kita dengan penuh senyum dan kesenangan. Setiap orang pasti bekerja, bertindak dan melakukan sesuatu untuk memperoleh kesenangan dan salah satu kesenangan dasar yang bisa kita lakukan dimana saja dengan lawan bicara adalah HUMOR.

Berikut ini beberapa manfaat humor yang saya ambil dari beberapa sumber diinternet.

1. Membuat lawan bicara lebih nyaman

Dengan menyisipkan humor pada saat berkomunikasi tentu akan membuat suasana lebih nyaman dan lawan bicara akan merasakan suasana ceria dan menyenangkan.

Saat lawan bertanya “Baju spiderman keren ya” biasa kita akan menjawab “iya, keren juga” atau “Iya keren” tentu percakapan akan canggung dan tidak enak. Jawab saja dengan sesuatu yang unik seperti “Teman : Baju spiderman keren ya” “kita : Iya keren, yang jahitnya nenek gue” pasti deh suasana akan lebih nyaman dan ceria.

Kucing dan anjing

Tentu saja kamu tidak perlu selalu bercanda dan melakukan humor, karena kamu juga sesekali butuh KESERIUSAN dan KEDEWASAAN. Dan orang dewasa itu adalah yang mampu menyeimbangkan humor dan keseriusan.

2. Membuat pikiran lebih kreatif

Humor membuat kita berfikir lebih kreatif. Kita membutuhkan kata-kata yang unik dan BERBEDA setiap waktu yang otomatis membuat kita akan berfikir lebih KREATIF.

Kucing pakai topi

Perlu diingat humor itu bukan berarti mengejek dan merendahkan orang lain, namun mengambil sesuatu kata yang lucu dan unik untuk dibicarakan. Sering-seringlah melakukan agar selera humor kamu tinggi dan menjadi lebih kreatif.

3. Building trust

Mulut kita kepribadian kita. Lakukan humor-humor yang positif unik dan kreatif sehingga kita akan dikenal dengan kepribadian yang menyenangkan tanpa mengejek orang lain dan kita bisa lebih dikenal dan dipercaya dilingkungan sosial.

Kucing berpelukan

Tentu saja dengan membaca artikel ini selera humor kamu tidak akan naik drastis dan membuat kamu jadi orang yang menyengankan. Perlu waktu yang relatif lama sehingga kamu lebih dikenal menjadi monster yang menyenangkan.

4. Mengurangi tingkat stress

Dilingkungan sosial seperti contoh adalah lingkungan kerja pasti diidentik dengan keseriusan yang pada jangka panjang akan membuat orang stress.

Kucing main komputer

Jika kamu memiliki teman kerja kamu bisa menyisipkan sedikit humor disela-sela pekerjaan sehingga suasana kerja tidak seperti perang dunia II.

5. Lebih menarik dimata orang lain

Jadilah berbedan dan unik diantara jutaan manusia dimuka bumi ini. Tuhan telah menciptakan milyaran manusia dengan garis jempol yang berbeda tentu dengan pikiran yang berbeda pula.

Kucing dalam gelas

Jangan ikut-ikutan lucu seperti sule diacara trans 7 karena kamu tidak mungkin menolak teman kamu ke sterofoam. Jadilah lucu dengan humor kamu sehingga kamu akan tampil lebih berbeda dan tentu akan lebih menarik dimata orang lain.

humor jg bermanfaat untuk kesehatan

Manfaat Humor Untuk Kesehatan

Memiliki rasa humor yang tinggi ternyata ada manfaatnya, mungkin anda tidak percaya kalau rasa humor yang tinggi itu bagus untuk kesehatan??? Ya dengan memiliki humor yang tinggi ternyata penyakit stress itu bisa hilang dengan seketika juga.

manfaat humor, humor untuk kesehatan, cara mencari humor

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memerangi depresi dan pikiran negatif, salah satunya adalah melalui humor atau lelucon. Tapi ternyata ada banyak manfaat kesehatan yang didapat dari humor. Humor memang diketahui dapat menjadi obat yang mujarab untuk menghilangkan stres, depresi ataupun suasana hati yang buruk.

Ada beberapa manfaat humor bagi kesehatan seseorang, yaitu;

Humor bisa mengurangi rasa sakit.
Dr Elias Shay, kepala psikiatri dari Good Samaritan Hospital di Baltimore mengungkapkan dengan menonton komedi atau terlibat sesuatu yang berhubungan dengan lelucon bisa mengurangi rasa sakit yang dialami seseorang.

Humor bisa membuat rileks.
Seperti latihan pada umumnya, humor yang membuat orang tertawa akan bekerja untuk melawan stres kronis sehingga membuat seseorang merasa rileks atau santai.

Humor bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Studi yang dipimpin oleh Lee Berk dan Stanley A Tan dari Loma Linda University di Loma Linda, Califormia tahun 2006 ditemukan dua hormon yaitu beta endorfin (mengurangi depresi) meningkat 27 persen dan human growth hormone/hGH (yang membantu kekebalan tubuh) meningkat 87 persen ketika menonton video lucu.

Humor mengurangi stres.
Peneliti dari Loma Linda University juga menemukan humor dan lelucon bisa membantu mengurangi tingkat 3 hormon yang berhubungan dengan stres yaitu kortisol (hormon stres), epinefrin (adrenalin) dan juga hormon dopac.

Humor mengurangi rasa takut.
Humor adalah alat kebahagiaan yang paling mendasar. Secara fisiologis humor dapat menutupi rasa takut yang dialami oleh seseorang pada saat yang sama. Jadi humor bisa mengubah persepktif seseorang mengenai memori yang menyakitkan di masa lalu dan menggantinya dengan kebahagiaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Allah SWT akan menolong seorang hamba selama ia mau menolong sesama. Try To Look At the Bright Side. Teposeliro sifate satrio, Nelongso sing dhadhi gegondelaning roso, Prihatin dhalaning mukti utomo

%d bloggers like this: