Peran ATP dalam metabolisme

ATP adalah singkatan adenosin trifosfat, bahan kimia penting dalam metabolisme manusia yang telah disebut “mata uang kimia” karena sel-sel menggunakannya sebagai sumber energi langsung.

Anda membuat ATP ketika Anda membakar gula dan nutrisi lainnya, dan sel-sel Anda mengkonsumsi ATP ketika mereka terlibat dalam kegiatan seperti membangun molekul yang lebih besar dan menghasilkan gerakan.

Kimiawi ATP

ATP adalah molekul yang relatif kecil yang berfungsi sebagai “energi menengah” dalam metabolisme manusia. Pada dasarnya, sel-sel Anda mengekstrak energi kimia dari berbagai molekul nutrisi seperti protein, karbohidrat dan protein, dan menggunakan energi kimia untuk membuat ATP. Sel-sel kemudian memecah ATP, melepaskan energi, karena mereka terlibat dalam berbagai kegiatan, penjelasan Drs. Reginald Garrett dan Charles Grisham dalam buku mereka “Biokimia.”

Pembakaran nutrisi

Bila Anda mengkonsumsi makanan, usus Anda menyerap molekul nutrisi ke dalam aliran darah. Sel kemudian mengambil nutrisi dan membakar mereka secara kimia untuk membebaskan energi. Misalnya, salah satu sumber yang paling penting dari energi sel adalah glukosa, molekul yang berasal dari pati dan kebanyakan gula. Saat sel memecah glukosa, mereka menghasilkan produk-produk limbah karbon dioksida dan air. Mereka menggunakan energi yang dibebaskan dari memecah satu molekul glukosa untuk membuat sekitar 30 molekul ATP.

Pemecahan ATP

Setelah sel telah membuat ATP, dapat menggunakan ATP untuk memenuhi salah satu kebutuhan energinya. Sel membutuhkan energi untuk membuat molekul besar, seperti hormon. Sel-sel otot menggunakan ATP untuk menghasilkan gerakan. Saat sel membuat sebuah molekul hormon, itu memecah molekul ATP dan menggunakan energi untuk membuat ikatan baru antara molekul yang lebih kecil untuk menghasilkan satu yang lebih besar, penjelasan Drs. Garrett dan Grisham. Ketika sel otot berkontraksi, menggunakan jumlah besar ATP untuk bahan bakar kontraksi.

Strategi metabolik

Meskipun sel-sel manusia dapat membuat sekitar 30 ATP per molekul glukosa – dan juga dapat membuat sejumlah besar dan bervariasi dari ATP dari pembakaran protein dan lemak – tidak semua hasil metabolisme glukosa dapat memproduksi banyak ATP. Anda hanya bisa membuat dua molekul ATP per glukosa jika Anda membakar gula tanpa oksigen, proses yang disebut metabolisme anaerobik. Dr. Lauralee Sherwood, dalam bukunya “Fisiologi Manusia,” menjelaskan bahwa sel beroperasi secara anaerob selama selama berolahraga keras.

Peran ATP dalam metabolisme

Pensinyala ATP

Salah satu peran penting akhir ATP dalam tubuh adalah untuk melayani sebagai sinyal seluler. Misalnya, karena sel-sel Anda dapat membakar nutrisi baik segera atau menyimpannya untuk digunakan kemudian, sel-sel menggunakan ATP untuk membantu mereka menentukan yang harus mereka lakukan. Jika sel memiliki banyak ATP, ATP memberi sinyal sel untuk menyimpan nutrisi daripada membakar mereka. Namun jika sel dalam keadaan rendah ATP, sinyal akan menunjukkan bahwa sel harus membakar nutrisi segera.

Advertisements

Try To Look At the Bright Side Teposeliro sifate satrio, Nelongso sing dhadhi gegondelaning roso, Prihatin dhalaning mukti utomo

%d bloggers like this: