Perbedaan Pembelahan Biner dan tunas

Pembelahan biner dan tunas adalah dua jenis metode reproduksi aseksual. Selain kedua, regenerasi dan partenogenesis juga dianggap sebagai jenis reproduksi aseksual.

Produksi keturunan tanpa pembuahan dikenal sebagai reproduksi aseksual. Reproduksi aseksual dapat dilihat di hampir semua prokariota, beberapa tanaman, dan hewan tertentu. Ini melibatkan salah satu orang tua individu dan menghasilkan individu yang identik secara genetik, juga dikenal sebagai klon.

Pembelahan biner

Pembelahan biner adalah metode reproduksi sederhana yang melibatkan mitosis yang diikuti dengan pemisahan individu induk. Hal ini sangat umum di kalangan prokariota. Dalam pembelahan biner, dua individu yang identik terbentuk. Pertama, kromosom yang melingkar pada genom prokariotik mengalami replikasi.

Kemudian membran plasma baru dan dinding sel terbentuk di sepanjang garis tengah sel, membagi sel induk menjadi dua sel berukuran sama. Sel-sel baru terbentuk mengandung duplikat dari kromosom induk.

Tunas

Tunas juga merupakan metode reproduksi aseksual sederhana terlihat pada jamur, tanaman tertentu, dan dalam spons seperti Hydra. Di sini, replikasi inti diikuti sitokinesis yang terjadi tidak seimbang. Ini adalah proses di mana individu induk menghasilkan individu yang lebih kecil dikenal sebagai ‘kuncup’ dengan pembelahan sel mitosis.

Individu ini melekat pada individu induknya dan akhirnya terlepas dari individu induknya. Setelah itu mulai hidup mandiri. Tunas ini identik dengan individu induknya, dan juga berisi salinan duplikat dari induk intinya.

Pembelahan Biner vs tunas

  1. Perbedaan utama antara pembelahan biner dan tunas bahwa dalam tunas ada sebuah hasil dari individu induk menghasilkan tunas, yang identik dengan individu induknya, tetapi dalam pembelahan biner, tidak ada tunas dan pembentukan hasil pertumbuhan. Hanya menghasilkan dua individu yang identik dengan memisahkan sel induk menjadi dua bagian dengan pembelahan sel mitosis diikuti sitokinesis.
  2. Dalam tunas, individu baru terbentuk pada individu tua. Jadi orang tua atau individu tua masih ada tanpa perubahan apapun, tetapi dalam pembelahan biner, individu tua dibagi menjadi dua individu baru.
  3. Pada dasarnya prokariota menunjukkan pembelahan biner. Banyak eukariota seperti jamur, spons, dan tanaman tertentu direproduksi menggunakan tunas.
  4. Di antara organisme uniseluler, satu-satunya perbedaan yang dikenali adalah, pada tunas, sel induk selalu lebih besar daripada tunas baru yang terbentuk, tetapi dalam pembelahan biner, sel induk dan sel yang baru terbentuk serupa dalam ukuran.contoh reproduksi aseksual dengan tunas
  5. Sitoplasma sel induk dibagi secara merata selama pembelahan biner, tetapi dalam tunas, sitoplasma dibagi secara tidak merata.Pembelahan biner pada Paramecium
  6. Tunas adalah jenis perbanyakan vegetatif sementara pembelahan biner adalah jenis fisi.
  7. Untuk organisme tertentu, tunas bisa dilakukan secara artifisial. Karena pembelahan biner adalah proses alami, tidak pernah dapat dilakukan secara artifisial.
  8. Proses tunas secara luas digunakan dalam hortikultura dan pertanian. Tidak seperti tunas, proses pembelahan biner tidak memiliki penggunaan tersebut.
Advertisements

Try To Look At the Bright Side Teposeliro sifate satrio, Nelongso sing dhadhi gegondelaning roso, Prihatin dhalaning mukti utomo

%d bloggers like this: