Cara Untuk Defrag Di komputer Windows 10

Cara untuk Defrag Windows 10 Komputer Defragmenting (atau “defragging”) komputer Windows 10 untuk mengatur file terfragmentasi pada hard drive. Dalam cara ini dapat mengoptimalkan jumlah ruang disk dan juga dapat meningkatkan kinerja sistem agar lebih responsif .
Mendefrag hardisk sangatlah diperlukan minimal seminggu sekali agar kinerja sistem komputer selalu optimal, Defrag hardisk juga dapat dilakukakn secara otomatis karena perangkat lunak defrag biasanya sudah ada dari bawaan Windows sendiri. Termasuk dari yang saya tahu berbagai edisi Windows.Soal perangkat lunak pengoptimalan hardisk atau biasa disebut defrag hardisk, menurut saya tidak usah repot-repot cari utilitas defrag dari pihak ketiga, Karena Windows juga sudah menyediakannya secara default. Yah itu sih tergantung dari anda, Mau pakai utilitas defrag bawaan Windows atau menggunakan utilitas dari pihak ketiga…?
Sebenarnya Windows sudah menyediakan apa yang dibutuhkan oleh sistem komputer, Contohnya defrag hardis, Pemberish file sampah dll.
Defrag hardisk juga dapat dilakukan secara manual,

Bila Anda defragment hard drive, semua fragmen dari file dipindahkan ke cluster berdekatan. Hal ini membuat mudah bagi Windows untuk membaca file dan komputer mulai bekerja lebih cepat. Pada komputer Anda dengan Windows 10, defragmenting hanya sistem drive (C:) sudah cukup. Namun, jika Anda mengalami beban saat mengakses file yang tersimpan di partisi lain dari hard disk, Anda dapat defragment mereka juga. Proses defragmenting partisi dari hard disk drive identik untuk setiap partisi (volume). Berikut adalah cara untuk defrag komputer Anda

Masuk ke komputer Windows 10 Anda dengan “account administrator”. Hal ini penting untuk menggunakan “account administrator” karena pemegang akun standar tidak bisa defrag hard disk di komputer Anda.
Pertama klik Star Menu > file Explorer.

Cara Untuk Defrag Di komputer Windows 10

Setelah itu Dari menu konteks, klik kanan> lalu klik Properties

Cara Untuk Defrag Di komputer Windows 10

Disarankan defrag bagian partisi dari drive ( C ) terlabih dahulu, dan ingat jangan menjalankan aplikasi apapun selama defrag pada partisi ( C ) belum selesai.

Cara Untuk Defrag Di komputer Windows 10

Setelah selesai mendefrag partisi ( C ) silahkan defrag partisi lainnya hingga selesai. Biarkan Windows Mendefrag semua partisi hingga selesai. Untuk menjalankan defrag  secara otomatis otomatis, jadwalkan seminggu sekali. defrag otomatis akan berjalan di latar belakang sesuai jadwal yang anda atur.

Cara Untuk Defrag Di komputer Windows 10

Catatan:
Selama defrag berlangsung saya sarankan agar tidak menjalankan aplikasi apapun, biarkan sistem menganggur selama pengoptimalan hard disk. Karena hal ini sangat disrankan agar anda tidak menggunakan komputer selama proses defragmentasi. untuk hasilo yang lebih optimal lebih baik anda menunggu atau minum kopi sambil menunggu Windows selesai mendefrag seluruh hardisk anda.

Memang cukup memakan waktu agak lama selama proses pengoptimalan hardisk, Setelah Windows menyelesaikan defrag dari semua partisi hardisk Anda, Restart komputer anda seletah komputer hidup kembali silahkan gunakan Windows 10 anda dengan normal.

Mendefrag hardis dapat meningkatkan kinerja perangkat keras dari hardisk anda dan juga dapat memperpanjang masa pakai/umur hardisk anda. itu juga jika dilakukan secara rutin. Karena untuk menhindari dari adanya bad sector hardisk. lain lagi masalahnya jika komputer anda sering mati mendadak.

Mudah-mudahan Tulisan ini berguna buat pengunjung blog ini, Mohon maaf apabila terdapat salah penulisan.

Advertisements

Allah SWT akan menolong seorang hamba selama ia mau menolong sesama. Try To Look At the Bright Side. Teposeliro sifate satrio, Nelongso sing dhadhi gegondelaning roso, Prihatin dhalaning mukti utomo

%d bloggers like this: