Kucing Scottish Fold

Kucing scottish fold adalah kucing yang berukuran medium dengan wajah yang sangat bulat. Kucing ini mendapatkan namanya dari ciri fisik dan negara asalnya. Fold (terlipat) merujuk pada kondisi telinganya yang biasanya melipat kearah depan dan kebawan, Scottish / Skotlandia sebuah negara di Britania Raya. Jadi bisa diartikan sebagai kucing telinga terlipat dari Skotlandia.

Memiliki kucing scottish menjadi impian banyak orang karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan. Keunikan wajah scottish mengingatkan kita pada kesan boneka beruang ataupun burung hantu. Cobalah lihat gambar kucing scottish dibawah ini dan bandingkan dengan wajah burung hantu ataupun boneka beruang.

gambar kucing scottish fold

Ciri-Ciri Fisik Kucing Scottish Fold

Untuk menghindari penjual nakal yang ngaku menjual scottish ternyata bukan, kita harus jeli dalam mengenali ciri kucing ini. Kita jelas tidak mau membuang uang kita untuk kucing palsu, maka dari itu berikut ini panduan mengenali ciri fisik scottish bagi pemula:

Postur Tubuh

Kucing scottish berukuran sedang dengan pawakan yang lumayan besar tapi masih dalam ukuran medium. Untuk beratnya sendiri kucing jantan biasanya memiliki berat lebih dari 5 kg sedangkan betina antara 3 hingga 5 kg.

Bagian Kepala

Mengenali scottish cukuplah mudah, yaitu dengan ciri khas pada telinga dan kepalanya. Secara keseluruhan kepala kucing ini berbentuk bulat dengan telinga yang terlipat sehingga terlihat sebagai kucing muka bulat. Matanya juga bulat berwarna cerah dan bersih.

Bagian Kaki

Kaki kucing scottish bentuknya juga bulat dan panjangnya hampir sama dengan ekor yang dimilikinya. Bulu kakinya juga penuh namun tidak terlalu padat juga. Kondisi ini menguntungkan bagi kita karena tidak memerlukan banyak perawatan pada bulu kaki.

Bulu dan Ekor

Bulu kucing scottish fold tidak terlalu lebat namun cukup untuk menutupi anggota badannya. Namun ada juga yang memiliki bulu panjang yang tentu saja membutuhkan banyak perhatian kita. Karakteristik bulunya lurus dengan warna yang bervariasi mulai dari putih, biru, krem, cameo, ungu, hitam, dan coklat. Pola pada bulunya bisa berwarna solid, tabby, tricolor, bicolor, smoke, shaded dan spots.

Umur Kucing Scottish

Dari berbagai referensi kucing ini bisa hidup antara 9 hingga 12 tahun. Umur kucing ini pastinya bergantung pada perawatan dan nutrisi yang didapatkan. Semakin baik perawatan kemungkinan akan membuat umur kucing menjadi lebih panjang.

Jenis Kucing Scottish Fold

Ada dua jenis kucing sctottish yang bisa kita jadikan sebagai kucing peliharaan di rumah. Keduanya dibedakan dari kondisi telinganya yang unik dan tak ada duanya. Berikut ini perbedaannya :

  • Folded ear, adalah scottish yang memang memiliki telinga yang terlipat ke arah depan dan menghadap kebawah. Biasanya ketika sudah dewasa kucing ini memang akan memiliki telinga yang terlipat karena merupakan hasil dari mutasi gen yang spontan.
  • Straight ear, adalah scottish yang memiliki telinga normal seperti jenis kucing lainnya, telinganya tidak terlipat. Biasanya anak kucing scottish ada yang mengalami ini dan mereka seperti kurang diminati sebagai kucing scottish karena kehilangan ciri uniknya.

Harga Kucing Scottish Fold

Wah akhirnya kita sampai pada segmen yang ditunggu-tunggu. Berapa sih harga kucing scottish? dari pengamatan yang kami lakukan. Harga kucing ini bervariasi dan tentu saja tidak ada harga pasti karena memang ini bukan hewan peliharaan sembarangan.

Harga anak kucing scottish fold yang berumur 3 bulan harganya bisa mencapai 3 hingga 6 juta rupiah. Sedangkan yang sudah agak dewasa range harganya 6 hingga 9 juta rupiah. Harga tersebut dipengaruhi beberapa faktor seperti sertifikat, vaksinasi, kondisi kucing dan lain sebagainya.

  • Umur 3 bulan (belum di vaksin) Rp 1.500.000 – 2.500.000
  • Umur 3 bulan (sudah di vaksin) Rp 2.000.000 – 3.000.000
  • Umur 6 bulan ( belum di vaksin) Rp 5.000.000 – 7.000.000
  • Umur 6 bulan (sudah di vaksin) Rp 5.500.000 – 7.500.000

dibandingkan dengan  penjualan di luar negeri. Harganya Mencapai $175 Sampai $350, atau berkisar Rp 2.313.498 – Rp 4.626.997 untuk umur 3 Bulan sudah Vaksin.

Harga Cukup Fantastis, tetapi membawa rupa dan yang pastinya harga di indonesia lebih murah dibanding harga di luar negeri.

Catlovers tertarik memiliki kucing Scottish Fold telinga tersembunyi yang lucu ini? Langsung aja cari penjual kucing, biasanya di Pet Shop ada kok.

Adopsi Kucing Scottish Fold

Untuk mengadopsi kucing ini kita bisa cari breeder yang terpercaya dan memiliki sertifikat. Jangan lupa untuk memperhatikan setiap ciri fisik yang dimiliki oleh kucing scottish. Mulai dari bentuk wajah, muka, telinga, bulu dan karakteristik sifatnya.

Harga 3 hingga 9 juta akan menjadi sia-sia apabila kita salah dalam membeli kucing. Lebih baik berhati-hati dan memilih breeder terpercaya.

Kucing Scottish Fold adalah jenis kucing domestik yang mengalami mutasi genetik dominan secara alami yang mempengaruhi seluruh tulang rawan di tubuh, yang menyebabkan telinga kucing ini terlipat ke arah depan. Dengan telinganya yang terlipat ini, kucing scottish fold terlihat seperti burung hantu. Berbeda dengan Kucing American Curl yang telinganya terlipat ke belakang, Scottish Fold telinganya tertutup ke depan.

Asal mula kucing ras Scottish Fold ini berawal dari kucing putih bernama Susie yang ditemukan di Perthshire, Skotlandia pada tahun 1961. Susie memiliki telinga yang tidak biasa, telinganya terlipat sehingga menyerupai burung hantu. Ketika Susie memiliki anak pada tahun 1963, dua diantaranya lahir dengan telinga terlipat, dan salah satunya diadopsi oleh Willian Ross, tetangga kebunnya sekaligus pecinta kucing.

Susie hanya menghasilkan satu anak kucing betina yang telinganya terlipat bernama Snooks, yang juga berwarna putih. Sedangkan anak betina lainnya segera dikebiri setelah lahir. Tiga bulan setelah Snook lahir, Susie akhirnya mati karena tertabrak mobil. Jadi bisa dikatakan bahwa seluruh kucing Scottish Fold memiliki darah Susie sebagai leluhurnya.

William Ross yang telah mengadopsi Snooks lalu mendaftarkan kucingnya di GCCF (Governing Council of the Cat Fancy) di Inggris pada tahun 1966 dan memulai untuk melakukan breeding dengan bantuan pakar genetik Pat Turner.

Hasil program breeding tersebut menghasilkan 76 anak kucing pada tiga tahun pertama, 42 diantaranya memiliki telinga terlipat dan 34 sisanya memiliki telinga normal yang lurus. Hasil ini menunjukkan bahwa mutasi telinga scottish fold ini merupakan gen dominan.

Pengakuan Ras Kucing Scottish Fold

Ras kucing Scottish Fold tidak diakui di Eropa oleh FIFe (Fédération Internationale Féline) dan GCCF menarik kembali pengakuan registry kucing Scottish Fold ini pada tahun 1971. Semua ini dilakukan karena kekhawatiran mutasi genetik ini adalah kecacatan yang akan berdampak pada kelumpuhan anggota badan dan ekor kucing ini. Selain itu telinga yang terlipat dapat memicu infeksi, kutu dan menjadi tuli. Lain hal di Amerika Serikat, setelah kucing Scottish Fold ini diekspor ke sana, para breeder berusaha memperbaiki genetik kucing scottish fold dengan melakukan mixed dengan kucing British Shorthair dan kucing American Shorthair. Hingga saat ini  kucing Scottish Fold ini tidak memiliki masalah infeksi pada telinga seperti yang dikhawatirkan, hanya lapisan lilin kotoran telinga kucing Scottish Fold lebih banyak dibandingkan kucing lainnya. Hingga saat ini Kucing Scottish Fold hanya diakui oleh TICA (The International Cat Association) dan CFA (Cat Fanciers’ Association).

Karakter Fisik

Seluruh bayi kucing Scottish Fold dilahirkan dengan telinga yang lurus dan tidak terlipat, selanjutnya telinga anak kucing Scottish Fold tersebut menunjukkan tanda-tanda telinganya terlipat pada hari ke-21. Anak kucing yang tidak berkembang telinganya menjadi terlipat dikenal sebagai “Straight”. Kucing asli Scottish Fold hanya memiliki satu telinga yang terlipat, namun karena dilakukan breeding selektif, breeder akhirnya berhasil untuk menghasilkan dua telinga yang terlipat, bahkan beberapa kucing ada yang telinganya benar-benar datar dengan kepalanya.

Ciri Fisik Kucing Scottish Fold
Ciri-ciri kucing scottish fold yaitu telinganya mengarah kedepan.

Badan kucing scottish fold termasuk ukuran medium. Berat badan kucing ini berkisar antara 3kg hingga 6kg. Struktur badan dan muka kucing Scottish Fold ini bulat dan memiliki mata yang besar dan bulat. Memiliki hidung yang pendek dan sedikit melengkung dengan badan yang gempal dan kaki yang agak pendek. Kepalanya yang besar dan leher yang pendek, serta matanya yang lebar membuat kucing scottish fold terlihat sangat lucu.

Karakter Sifat

Kucing Scottish Fold biasanya memiliki sifat yang ramah dan tenang serta dapat menyesuaikan diri dengan hewan lain di rumah. Mereka cenderung menjadi sangat dekat dan sayang terhadap pemiliknya yang sering memberinya makan. Kucing scottish fold termasuk kucing cerdas yang senang diajak bermain, bahkan hingga ia dewasa. Hewan ini sangat senang diajak ke luar rumah dan menikmati bermain-main di luar rumah. Kucing Scottish Fold ini sangat benci jika ia merasa kesepian dan dapat membuatnya menjadi tertekan dan stres.

Sifat Kucing Scottish Fold
Kucing Scottish Fold ini seringkali tidur dengan posisi terlentang. Dan salah satu keunikan kucing scottish fold adalah suaranya meongnya yang lembut dan lemah, suara vokal dan dengkurannya sangat berbeda dengan jenis kucing lainnya. Scottish Fold juga sering duduk dengan posisi kaki belakang mereka yang terentang serta kaki depannya berada di perut mereka, dikenal sebagai “Posisi Buddha”.

Kucing Scottish fold memiliki berbagai nama

Kucing Scottish Fold memilki banyak nama lain yaitu lops, lop-eared, lop-eared rabbit tetapi setelah terdaftar di Governing Council of the Cat Fancy (GCFC) nama kucing ini disepakati dengan satu nama resmi yaitu Scottish Fold.