Tips Agar Blog Kita Banyak Komentar

Sebagian blogger menganggap komentar itu sangat penting dalam sebuah blog. Tapi ada juga beranggapan, komentar itu tidak penting, yang penting traffic blog naik. Ada lagi yang mempunyai slogan no comment no cry. Bagaimana dengan Anda, seberapa pentingnya sebuah komentar blog?

tips agar blog kita banyak komentar

Saya sendiri masih menganggap komentar itu penting, meskipun sekarang sudah tidak terlalu memperhatikan berapa banyak komentar di blog. Atau mungkin mentargetkan satu artikel harus ada berapa banyak komentar. Yang terpenting adalah sharing dan komentar tidak selalu menunjukkan bahwa artikel atau tulisan kita banyak pembacanya, hehe.

Namun diluar penting dan tidaknya, memperbanyak komentar di blog itu cukup mudah, berikut ini tips agar blog kita banyak komentar ala Tunsa:

1. Buat tulisan menarik, provokatif, dan bermanfaat

Saya dan sebagian blogger lain atau para netizen yang ingin memperoleh informasi dari blog biasanya akan melihat judul tulisan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membaca lebih lanjut. Setelah itu baru membaca isi keseluruhan, jika isinya menarik dan provokatif para pembaca tentu akan tergerak untuk menulis komentar.

Mengenai bagaimana membuat artikel yang provokatif itu harus dipelajari oleh Anda sebagai seorang blogger. Tentu kita tidak boleh mengedepankan asas itu, yang harus diperhatikan pertama adalah isi artikel harus bisa dipertanggungjawabkan. Jika merupakan opini maka Anda harus bisa memberikan alasan atas apa yang tertulis. Contoh artikel bermanfaat misalnya tentang tips dan tutorial atau yang sejenis itu.

2. Update blog secara rutin

Update blog secara rutin bukan pula mempengaruhi keahlian para blogger dalam menulis, tapi juga mempengaruhi hal lain. Itulah yang harus Anda lakukan selanjutnya jika ingin banyak komentar di blog. Setelah Anda membuat artikel menarik, provokatif dan bermanfaat selanjutnya buatlah postingan secara rutin agar terjalin chemistry dengan pembaca setia.

Berdasarkan pengalaman, update blog merupakan salah satu langkah membuat pembaca betah. Tentu setelah diketahui bahwa blog kita menarik dan tulisan-tulisannya patut untuk dinanti. Biasanya ditandai dengan banyaknya blogger lain atau pembaca yang subscribes atau follow blog Anda.

3. Sering-seringlah blogwalking

Ini salah satu cara paling ampuh selama ini yang saya lakukan jika ingin mendapatkan banyak komentar. Cara ini cocok jika Anda seorang blogger yang sudah banyak kenalan. Kalaupun Anda termasuk blogger pemula dan belum punya banyak kawan, blogwalking juga ampuh untuk memperkenalkan blog kita kepada blogger lain.

Tapi jagan asal blogwalking dan meletakkan komentar sembarangan. Ada etika tak tertulis diantara para blogger bagaimana cara blogwalking yang sopan. Salah satunya tidak meninggalkan link aktif di kolom komentar. Jika Anda bingung hendak blogwalking kemana, bisa lihat timeline twitter @Warung_Blogger.

4. Share tulisanmu ke media sosial

Facebook dan twitter merupakan sosial media terbesar yang digunakan oleh netizen Indonesia saat ini. Hampir semua orang baik blogger maupun bukan sudah punya akun diantara dua media sosial besar itu. Teman yang ada di media sosial tidak hanya berasal dari blogger saja, tapi juga teman dunia offline. Kesempatan terbaik bagi Anda memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan blog Anda.

Share otomatis postingan di blog ke akun media sosial Anda. Dengan judul dan isi yang menarik dan bermanfaat akan memancing teman facebook atau twitter Anda untuk turut berkomentar di blog. Apalagi sekarang platform blog gratisan banyak memberikan layanan untuk akun media sosial agar mudah komentar.

Demikian beberapa tips agar blog kita banyak komentar. Tentu bukan sekedar komentar yang para blogger inginkan, tapi komentar yang membangun demi kebaikan blog masing-masing yang dibutuhkan. Kalau sembarang komentar yang diminta, silakan jadikan blog Anda dofollow, niscaya akan banyak komentar spam di sana, hehe.

Leave a comment